Budidaya Ikan Sidat

 on Tuesday, November 13, 2012  


Budidaya Ikan Sidat - Saraswati Update - Peluang Bisnis Sidat - Sidat adalah ikan yang memiliki tubuh seperti belut/ular yang hidup di air. Ada dua jenis, yaitu sidat laut dan sidat air tawar. Ikan ini masuk dalam Ordo Anguilliformes, yang terdiri atas 4 sub ordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. Akhir-akhir ini sidat banyak diburu orang karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan, banyak orang berusaha untuk melakukan bisnis ikan sidat, namun kendalanya, belum ada teknologi tepat guna untuk teknik budidayanya yang mudah. Kebanyakan orang mendapatkan ikan sidat dari memancing di sungai atau dalam istilah lokal “matet”.

Sebuah penelitian di Jepang yang dilakukan oleh seorang Ilmuwan Jepang yang bekerja pada the National Research Institute of Aquaculture, Fisheries Research Agency mengumumkan pada tanggal 8 April 2010 bahwa mereka telah berhasil membesarkan ikan sidat. Mereka telah berhasil menemukan teknik budidaya ikan sidat. Penemuan ini diklaim menjadi penemuan pertama di dunia. Keberhasilan ini sangat disambut gembira, karena ikan sidat sebagai makanan tradisional jepang, akhir-akhir ini diperkirakan akan punah. Dengan penemuan ini, ada harapan bahwa ikan sidat akan terlindungi dari kepunahan, hal ini sangat melegakan masyarakat Jepang.

Budidaya Ikan Sidat

Kalau orang Jepang bisa melakukan teknik budidaya sidat, mengapa tidak dengan kita orang Indonesia yang nota bene kaya akan ide kreatif dan inspiratif. Mari kita gali Kekayaan alam kita, manfaatkan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Hal yang dirasa tidak mungkin, jika kita tekun dan berusaha keras, niscaya akan menemukan keberhasilan yang sangat menggembirakan.

Sidat merupakan jenis belut yang di Jepang dikenal sebagai unagi adalah ikan yang memiliki cita rasa lezat dan populer di negeri Jepang. Hasil olahan dari ikan sidat dapat ditemukan atau banyak dijual di toko-toko makanan dan restoran di Jepang. Kekhawatiran pemerintah dan masyarakat Jepang sama dengan yang terjadi di Indonesia, kondisi ikan sidat dewasa di alam semakin berkurang, populasinya semakin sedikit dan hampir punah karena penangkapan oleh manusia, sementara itu, ikan sidat kecil atau anakan telah ditangkap dalam jumlah banyak di alam liar. Sehingga populasi ikan sidat di alam semakin menurun.

Untuk memberikan solusi atas permasalahan di atas maka telah diadakan sebuah uji coba teknik budidaya sidat dengan mempelajari metode pemeliharaan dengan teknik buatan (bukan alami). Usaha ini dilakukan hingga berhasil melakukan pemeliharaan dan pemijahan ikan sidat, serta dapat membesarkan ikan sidat hingga panen. Sungguh penemuan yang luar biasa. Mudah-mudahan di negara kita tercinta ini juga ada ilmuwan yang rela meluangkan waktunya untuk mengikuti jejak ilmuwan Jepang tersebut, demi memanfaatkan potensi alam negara kita. Amiin.

Ikan sidat yang diternakkan yang telah berumur 2 hingga lima tahun. Pada usia ini ikan sidat dapat menghasilkan telur sebanyak 250.000 butir. Prosentasi keberhasilan penetasan menurut sebuah penelitian mencapai angka 70%, selanjutnya dalam tahap pemeliharaan prosentase larva sidat yang dapat bertahan hidup hanya mencapai 40%.

Sayangnya teknologi teknik budidaya ikan sidat yang telah ditemukan di Jepang menelan biaya yang sangat besar. Teknologi yang digunakan untuk budidaya ikan sidat dirasa masih sangat mahal. Diharapkan adanya penemuan baru untuk mengatasi mahalnya biaya produksi budidaya ikan sidat ini. Untuk mencapai keberhasilan tersebut dibutuhkan ketekunan dan kerja keras dari semua pihak. Kalau hal ini dibiarkan, maka kemungkinan ikan sidat akan punah selamanya.

Artikel ini kami maksudkan untuk menggugah pebisnis Indonesia untuk mengembangkan potensi bisnis ini yang sangat menggiurkan. Tingginya permintaan pasar dalam dan luar negeri memungkinkan kita untuk meraup jutaan rupiah dari ikan sidat ini.

Kami berharap, orang Indonesia ada yang perduli akan hal ini. Selamat mencoba semoga sukses. Terima kasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran kami harapkan untuk memperbaiki blog ini. Mohon maaf atas segala kesalahan. Anda dapat memberikan komentar pada kotak komentar di bawah ini.

Budidaya Ikan Sidat 4.5 5 Unknown Tuesday, November 13, 2012 Budidaya Ikan Sidat - Saraswati Update - Peluang Bisnis Sidat - Sidat adalah ikan yang memiliki tubuh seperti belut/ular yang hidup di ...


1 comment:

  1. Apakah di kebumen ada yg sudah budidaya Sidat? Mohon alamatnya, agar kami bisa observasi dulu. Email ke: mamastono@gmail.com
    Thx

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar