Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Kerajinan Patung

 on Saturday, April 5, 2014  

Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Kerajinan Patung - Limbah merupakan barang atau benda sisa atau tidak terpakai dari suatu produk yang biasanya akan dibuang. Bagi mereka yang kreatif, barang atau benda atau limbah ini bisa dijadikan produk baru yang memiliki nilai jual cukup tinggi yang bisa menambah penghasilan lumayan karena biasanya limbah ini murah harganya atau bahkan tidak ada harganya sama sekali.

Salah satu contoh pemanfaatan limbah adalah dalam bidang perkebunan kelapa. Tidak semua kelapa hasil panen bisa terjual, biasanya terdapat kelapa yang "gabug" (bahasa jawa), yaitu kelapa yang tidak ada daging buahnya alias kosong.

Kelapa gabug bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi, seperti patung hewan misalnya.

Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Kerajinan Patung

Dengan sedikit sentuhan seni dan ketekunan, kelapa gabug bisa dibuat menjadi model hewan berkaki 4 yang menarik dan lucu yang di pasaran harganya mencapai ratusan ribu rupiah, tergantung keunikan dan tingkat kesukaran pembuatannya.

Berikut ini contoh patung monyet yang digunakan sebagai asbak yang pernah saya lihat di rumah teman saya yang terbuat dari limbah kelapa alias kelapa gabug.

Demikian Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Kerajinan Patung, semoga bermanfaat.
 

Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Kerajinan Patung 4.5 5 Unknown Saturday, April 5, 2014 Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Kerajinan Patung - Limbah merupakan barang atau benda sisa atau tidak terpakai dari suatu produk yang bi...


4 comments:

  1. kreatif banget mas, kalau dikampung saya limbah kelapa dijadikan kayu bakar aja, hmmm sayang sekali :(

    ReplyDelete
  2. Mba' Indri Lidiawati, Patung dari kelapa gabug, saya jepret dari rumah teman saya, katanya harganya sekitar Rp. 100.000,- an

    Memang sayang kalau hanya dijadikan kayu bakar, sama tempat saya juga gitu

    ReplyDelete
  3. saya pernah juga membuat asbak dari kelapa. laris manis sih, tapi gratis karena yang ngambil teman-teman saya. nggak pa-pa, saya cukup senang karena hasil karya saya ada yang meminati :)

    ReplyDelete
  4. kreatif, menghasilkan karya yang bernilai, padahal dari bahan sederhana

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar