Kelebihan Pupuk Organik Cair untuk Pertanian

 on Thursday, May 9, 2013  

Kelebihan Pupuk Organik Cair untuk Pertanian - Saraswati Update - Pupuk organik cair adalah pupuk yang dibuat dari urine atau air kencing ternak, seperti sapi, kuda, kambing, domba, kelinci, dan lain-lain. Akhir-akhir ini pupuk organik cair sedang digalakan oleh pemerintah dalam bidang pertanian. Sebenarnya urine telah digunakan oleh para petani sebagai pupuk sejak zaman dahulu, namun itu sifatnya hanya coba-coba, dan ternyata tanaman yang diberi urine ini pertumbuhaanya lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberi urine. 

Pengalaman orang tua kami dulu telah membuktikan kelebihan penggunaan urine sebagai pupuk. Urine yang mereka gunakan bahkan bukan urine hewan, melainkan urine atau air kencing mereka sendiri, aneh bukan. Ketika kami belum mengetahui, kami berpikir bahwa orang tua kami mengada-ada, dengan menampung air kencing mereka sendiri pada sebuah tempat/kaleng bekas setiap mereka kencing. Setelah 1 minggu, kemudian air kencing tersebut dibawa ke sawah untuk menyirami tanaman cabe yang mereka tanam.

Kelebihan Pupuk Organik Cair untuk Pertanian

Wal hasil, ternyata, tanaman cabe mereka tumbuh subur dan buahnyapun sangat lebat, berbeda dengan tanaman cabe yang tidak diberi urine/air kencing. Sebenarnya mereka itu tidak tahu yang sebenarnya, mengapa bisa demikian, mereka hanya mengikuti kebiasaan orang tua mereka dari zaman dulu.

Sekarang ini sudah marak pemanfaatan urine atau air kencing ternak sapi, kambing, domba, bahkan urine manusia oleh para petani sebagai bahan organic untuk menyiram tanaman. Kunggulan penggunaan bio urine yaitu volume penggunaan lebih hemat dibandingkan pupuk organik padat serta aplikasinya lebih mudah karena dapat diberikan dengan penyemprotan atau penyiraman, serta dengan proses akan dapat ditingkatkan kandungan haranya (unsur Nitrogen). Hasil analisis terhadap proses pengayaan N menggunakan Azotobacter pada prosesing bio urine kambing menunjukkan terjadi peningkatan kandungan hara N dari 0,34% menjadi 0,89%.

Kelebihan Pupuk Organik Cair untuk Pertanian

Kelebihan dan keuntungan penggunaan urine sebagai pupuk organik cair antara lain adalah:
  1. Urine atau air kencing ternak mempunyai jumlah kandungan nitrogen, fosfor, kalium, dan air lebih banyak jika dibandingkan dengan kotoran sapi padat.
  2. Mengandung zat perangsang tumbuh yang dapat digunakan sebagai pengatur tumbuh.
  3. Dapat mencegah datangnya serangan berbagai jenis hama tanaman karena urine hewan ternak mempunyai bau yang khas yang tidak disukai oleh hama pengganggu tanaman.
  4. Dapat membantu menghemat biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi.
  5. Dapat memperbaiki struktur tanah yang rusak akibat pupuk kimia.

Kelebihan Pupuk Organik Cair untuk Pertanian 4.5 5 Unknown Thursday, May 9, 2013 Kelebihan Pupuk Organik Cair untuk Pertanian - Saraswati Update - Pupuk organik cair adalah pupuk yang dibuat dari urine atau air kenc...


1 comment:

  1. Apakah perlu,air kencing sapi di campur ama em4+tetes tebu,kalo ya,disimpan brp hari?trims

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar