Pengertian Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

 on Thursday, August 29, 2013  

Pengertian Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) - Pengertian pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) - pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan di Indonesia sekarang ini terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi di dunia, termasuk model dan pendekatan pembelajarannya. Para guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah menggunakan berbagai macam model dan pendekatan pembelajaran, namun hasilnya tetap belum maksimal. Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Pengertian Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Metode pembelajaran inkuiri atau menemukan yang merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran adalah salah satu bagian dari pendekatan CTL. Dengan metode inkuiri pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil dari mengingat fakta akan tetapi hasil dari menemukan sendiri, terutama di dalam memecahkan suatu masalah.

Selama ini pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar masih belum berkembang, metode dan pendekatan pembelajaran yang bervariasi masih jarang digunakan, pembelajaran IPA masih dilakukan dengan metode ceramah, mencatat,  dan menghafal. 

Kondisi siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung terlihat masih pasif, siswa hanya sebatas mendengarkan penjelasan guru, siswa hanya berkomentar ketika diberi pertanyaan oleh guru, siswa belum berani mengungkapkan pendapat tentang materi pelajaran yang diterimanya, bahkan ada beberapa siswa yang asyik bermain sendiri tidak menghiraukan apa yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa masih sangat rendah.

Uraian di atas adalah masalah umum yang terjadi di setiap sekolah, pemecahannya adalah dengan penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran.

Demikian Pengertian Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), semoga bermanfaat.
 
Pengertian Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) 4.5 5 Unknown Thursday, August 29, 2013 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) - Pengertian pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Le...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar