BANTUAN TRAKTOR

 on Tuesday, March 27, 2012  

Proposal BANTUAN TRAKTOR - Saraswati Update - Berikut ini contoh proposal permohonan bantuan hand traktor: KELOMPOK TANI No         :         078/II/20.... Hal         :         Permohonan Bantuan Traktor

Kepada:
Yth.  Kepala Dinas
          Pertanian dan Peternakan
          Kabupaten .........
  
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan datangnya musim tanam bulan ... 20..., maka Kelompok Tani ... Desa ... dengan ini mengajukan permohonan bantuan 2 (dua) unit traktor kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten ....
 
BANTUAN TRAKTOR

Proposal permohonan bantuan ini kami ajukan mengingat pengalaman yang telah lalu bahwa:
  1. Pengolahan tanah sawah yang kami lakukan masih mengalami kendala keterlambatan karena kurangnya traktor yang beroperasi di Desa .... Hal ini dapat menghambat waktu panen kami, sehingga akan berpengaruh pada terlambatnya penanaman Kacang Hijau.
  2. Traktor yang beroperasi di Desa ... jumlahnya hanya 10 unit dan rata-rata sudah tua dan kurang layak pakai. Luas lahan sawah Desa Tambaharjo ± 172 ha, idealnya 1 unit traktor dapat mengolah 14 ha, sehingga masih kurang 2 unit traktor.
  3. Traktor yang beroperasi di Desa ... adalah milik pribadi, yang biasanya mulai beroperasi setelah musim panen selesai yaitu kurang lebih satu bulan dari awal panen, padahal untuk mengejar waktu tanam kacang hijau seharusnya traktor mulai beroperasi sehari setelah pemanenan.
Dengan bantuan 2 unit traktor ini, kami berharap sawah garapan Kelompok Tani ... khususnya dan Desa ... umumnya tidak mengalami keterlambatan panen. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan data atau profil Kelompok kami. Besar harapan kami permohonan ini dapat terkabul, atas terkabulnya Permohonan ini sebelumnya kami haturkan terima kasih.

Ketua Kelompok

PROFIL KELOMPOK

Kelompok Tani ... berdiri pada tanggal .. berlokasi di Desa ... Kecamatan ..., Kabupaten ...
Lahan persawahan yang kami miliki 172 Ha, dengan masa panen 2 kali setiap tahunnya, ditambah 1 kali palawija (kacang hijau) pada musim kemarau. Ternak sapi yang kami pelihara sebanyak 36 ekor betina dan 4 ekor jantan dengan limbah ternak kami berupa kotoran sapi kurang lebih 2000 kg perhari. Kami mengadakan pertemuan rutin untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan dan permasalahan anggota setiap tanggal 4 tiap bulannya, susunan pengurus dan anggota sebagai berikut:

DAFTAR PENGURUS & ANGGOTA
 
Latar Belakang
Mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 273/KPTS/T/60 tertanggal 13 April 2007 tentang revitalisasi bidang pertanian, Perikanan dan perhutanan yaitu mewujudkan pertanian tangguh dan memantapkan Ketahanan pangan, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani.

Mengaktifkan kembali Kelompok Tani diarahkan untuk meningkatkan peran serta petani dengan menumbuh kembangkan kerja sama antar petani, kelompok tani dan lainnya dalam mengembangkan usaha tani di sector peningkatan produksi bahan pangan khususnya padi.

Mengingat mayoritas masyarakat Kecamatan Adimulyo khususnya Desa ... 90 % petani ladang basah (sawah) yang tiap semester selalu menghasilkan jenis dan varietas padi yang semakin meningkat Produksinya maka diperlukan pemikiran bagaimana cara pengolahan tanah yang cepat dan baik sehingga waktu tanam yang tepat dan serempak demi terhindar dari serangan hama dengan harapan memeperoleh hasil yang memuaskan.

Tanah pertanian hak milik anggota Kelompok Tani ... yang terletak di Desa ... seluas ± 60 ha, pengolahannya mengalami keterlambatan dan perawatan selanjutnya setelah tanam mengalami kesulitan karena kekurangan air. Dengan  curah hujan yang rendah dan aliran air irigasi yang tidak lancer, maka pengolahan tanah menjadi tersendat yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan. Juga untuk perawatan setelah tanam yang membutuhkan banyak air akan mengalami kesulitan yang akibatnya menurunkan hasil panen bahkan yang lebih parah dapat mengakibatkan gagal panen.

B.       Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan pengadaan tambahan pompa air adalah:
  1. Meningkatkan dan mempermudah petani dalam mempercepat pengolahan tanah.
  2. Mengatasi masalah kekurangan air pada tahap perawatan setelah tanam hingga menjelang panen.
  3. Memberdayakan Kelompok Tani dalam rangka peningkatan produksi bahan pangan khususnya padi.
  4. Menjalankan fungsi Kelompok Tani kesatuan unit produksi dalam menyelenggarakan produk pangan demi peningkatan kesejahteraan petani.
C.      Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok Tani ... Desa ... mulai musim tanam tahun 20...

D.      Penutup
Agar kegiatan Kelompok Tani dapat terwujud, diperlukan keseriusan semua pihak dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan tersebut.

Evaluiasi dan dorongan dari pihak luar kelompok tani kami perhatikan sebagai langkah strategis untuk mencapai kesuksesan.

Adanya bantuan pompa air ini akan mempercepat musim tanam dan membantu mengatasi kekurangan air pada perawatan setelah tanam sehingga mendatangkan keuntungan bagi anggota kelompok tani.

Kemudian atas terkabulnya bantuan pompa air dan kepercayaan yang diberikan kepada kami tak lupa kami menghaturkan banyak terima kasih.

Melihat kondisi pompa air yang ada dengan kemampuan yang masih minimal, maka bantuan pompa air tersebut sangat kami butuhkan sehingga dalam pengolahan sawah dapat cepat dan serempak serta perawatan setelah tanam tidak mengalami kendala akibat kekurangan air.
BANTUAN TRAKTOR 4.5 5 Unknown Tuesday, March 27, 2012 Proposal BANTUAN TRAKTOR - Saraswati Update - Berikut ini contoh proposal permohonan bantuan hand traktor: KELOMPOK TANI No         :     ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar