Friday, March 30, 2012

PROPOSAL JALAN

PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN JALAN PERTANIAN - Saraswati Update - Berikut ini contoh proposal permohonan bantuan jalan pertanian:
No         :         37/II/tahun
Lamp.    :         1 bendel
Hal         :         Permohonan Bantuan Pembangunan Jalan Pertanian.

Kepada:
Yth.  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
          Provinsi Jawa Tengah
          Di UNGARAN

Dalam rangka mendukung dan memperlancar program kelompok untuk mempercepat peningkatan perekonomian di Desa ......... Khususnya Dukuh ......... melalui bidang peternakan dan pertanian dengan berbagai usaha yang kami jalankan, di antaranya usaha pembibitan sapi, produksi pupuk organik, pembuatan bio gas, fermentasi jerami untuk pakan ternak, dan pendistribusian pupuk organik kepada anggota kelompok dan masyarakat, maka perlu kualitas jalan yang bagus sebagai sarana dan prasarananya. Kelancaran transportasi baik untuk pengangkutan bahan baku pupuk organik maupun untuk pendistribusiannya kepada anggota kelompok dan masyarakat memerlukan kualitas jalan yang kuat. Dengan alasan tersebut, maka dengan ini kami mengajukan Permohonan Bantuan Pembangunan Jalan Pertanian.

Kami berkomitmen untuk mengupayakan suksesnya program tersebut demi terciptanya desa yang mandiri berwawasan bisnis dengan pembangunan Jalan Pertanian, untuk itu sudilah kiranya Pemerintah melalui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan pembangunan Jalan Pertanian.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan data sebagai berikut:
  1. Profil Kelompok dan Susunan Pengurus dan Anggota;
  2. Rencana Usaha Kegiatan Kelompok (RUKK) pembangunan Jalan Pertanian;
  3. Foto jalan yang akan dibangun;
  4. Peta lokasi proyek.
Besar harapan kami permohonan ini dapat terkabul, atas terkabulnya permohonan ini sebelumnya kami haturkan terima kasih.

Ketua Kelompok
..........................

Tembusan disampaikan kepada Yth:
1.      Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi
2.      Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten
3.      Arsip.

LATAR BELAKANG
Peningkatan perekonomian di daerah pedesaan sangat bergantung pada sarana dan prasarana yang ada, di antaranya yaitu sarana jalan. Jalan penghubung yang diharapkan dapat memperlancar proses tercapainya program kerja kelompok, yaitu usaha pembibitan sapi, produksi pupuk organik, pembuatan bio gas, fermentasi jerami untuk pakan ternak, dan pendistribusian pupuk organik kepada anggota kelompok dan masyarakat di antaranya lokasi bahan baku pupuk organik dengan pabriknya, lokasi bahan baku bio gas dengan pabriknya, dan lokasi pabrik pupuk organik dengan lahan, telah rusak termakan waktu dan kondisi alam.

Untuk itu kelompok bergerak mengupayakan adanya perbaikan sarana tersebut. Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh Kelompok Tani Ternak .................. adalah mengajukan Permohonan Bantuan Pembangunan Jalan Pertanian kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Kami mohon usulan ini merupakan permohonan yang perlu dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas.

Dengan adanya Bantuan Pembangunan Jalan Pertanian ini mudah-mudahan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Ternak .................. Desa .................. Kecamatan .................. Kabupaten .................. menjadi petani peternak yang bisa diandalkan yang turut mendukung program pemerintah.

MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Pemanfaatan Jalan Pertanian dimaksudkan sebagai sarana untuk memfasilitasi petani/Kelompok Tani Ternak di tingkat lapang untuk dapat melaksanakan: a) Pendistribusian pupuk organik ke lahan sawah dalam upaya perbaikan kesuburan tanah sawah. b) Pendistribusian bahan baku pupuk organik dan bio gas berupa kotoran ternak dan limbah pertanian dari lokasi ke pabrik. c) Pemasaran produk ke pasar luar setelah kebutuhan kelompok terpenuhi.
  2. Meningkatkan taraf hidup petani/Kelompok Tani Ternak beserta anggotanya.
  3. Menanggulangi permasalahan pertanian dan peternakan.
  4. Meningkatkan kelembagaan peternak.
  5. Meningkatkan hasil produksi pertanian melalui pupuk organic yang dihasilkan.
  6. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani/Kelompok Tani Ternak beserta anggotanya.
  7. Berorientasi pertanian berwawasan bisnis.
  8. Menjalin hubungan antara Pemerintah dan peternak.
PENUTUP                                                                         
Rencana Bantuan Pembangunan Jalan Pertanian ini merupakan suatu harapan besar bagi Kelompok Tani Ternak .................., bahwa ini merupakan kegiatan yang sangat membantu anggota kelompok dalam mengembangkan programnya sesuai dengan wawasan Kelompok Tani Ternak untuk mencapai hasil yang maksimal.

Maka segala bantuan dan dukungan sehubungan dengan permasalahan di atas merupakan kunci keberhasilan kami.

Demikian proposal ini, besar harapan kami proposal ini dapat terkabul. Atas kepercayaan, dukungan, dan  terkabulnya permohonan ini kami haturkan terima kasih.

Ketua Kelompok
..................

RENCANA USAHA KEGIATAN KELOMPOK (RUKK) PEMBANGUNAN JALAN PERTANIAN

PROPOSAL JALAN

SURAT PERNYATAAN

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kami:

“Tidak akan menuntut ganti rugi apapun atas terpakainya tanah hak milik kami untuk pembangunan Jalan Pertanian Peternakan oleh Kelompok Tani Ternak .................. Desa .................. Kecamatan .................. Kabupaten ..................”.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Foto jalan yang akan dibangun

No comments:

Post a Comment