Cara Budidaya Cabe Rawit Mudah Memanfaatkan Karung Bekas

 on Tuesday, June 24, 2014  

Cara Budidaya Cabe Rawit Mudah Memanfaatkan Karung Bekas - Searang ini sedang marak budidaya palawija di pekarangan rumah dengan menggunakan karung bekas atau dalam istilah gaulnya sistem bag culture. Salah satunya adalah budidaya cabe menggunakan karung bekas. Berawal dari iseng menyemai cabe yang telah masak dari dapur. Muncul ide, mengapa tidak ditanam dalam jumlah yang banyak? Bukan hanya sekedar untuk kebutuhan dapur saja.

Peralatan dan bahan yang diperlukan untuk budidaya cabe rawit dalam karung yaitu cangkul besar dan kecil, karung bekas, pupuk kandang, dan tanah pekarangan. Jangan lupa ember untuk menyiram tanaman.

Langkah pertama adalah menyemai cabe. Bibit cabe tidak perlu kita beli. Kita bisa menyemai sendiri dengan mengambil cabe dari dapur yang sudah tua. Cukup 3 sampai 5 butir cabe kita semaikan, akan tumbuh banyak sekali pohon cabe.

Cara Budidaya Cabe Rawit Mudah Memanfaatkan Karung Bekas

Setelah biji cabe kita semaikan, selanjutnya kita:
  1. Siapkan media tanam berupa pupuk kandang dan tanah pekarangan.
  2. Siapkan karung bekas, baik dari rumah sendiri kalau ada atau bisa membeli di toko terdekat.
  3. Karung yang saya pakai adalah karung bekas beras bantuan dari pemerintah, yaitu karung bulog raskin yang saya beli dengan harga Rp. 500,00 per buah.
  4. Setelah media tanam kita siapkan, selanjutnya kita masukkan ke dalam karung bekas dengan tinggi kira-kira 20 cm, sementara kelebihan tinggi karung kita lipat sedemikian rupa.
  5. Dalam waktu kira-kira 1 minggu, maka semaian kita telah tumbuh dan bisa mulai kita tanam pada media tanam di dalam karung.
  6. Selanjutnya kita tinggal merawat tanaman cabe dengan menyiraminya.
Cara Budidaya Cabe Rawit Mudah Memanfaatkan Karung Bekas
 
Mudah bukan? Kita bisa menjadikan iseng sebagai alternatif tambahan penghasilan keluarga di rumah. Dari iseng-iseng menanam cabe bisa menambah penghasilan keluarga. Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari iseng menanam cabe dalam karung tersebut di atas yang bisa kita baca pada:
Cara Budidaya Cabe Rawit Mudah Memanfaatkan Karung Bekas 4.5 5 Unknown Tuesday, June 24, 2014 Cara Budidaya Cabe Rawit Mudah Memanfaatkan Karung Bekas - Searang ini sedang marak budidaya palawija di pekarangan rumah dengan mengguna...


1 comment:

  1. terimakasih sudah brbagi tutorial cara membudidayakan tanaman cabe rawit, kebetulan ayah saya juga berkebun cabe tapi bukan cabe rawit. gak tau deh cabe apaan, yang jelas bukan cabe-cabean hehe :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar