PROPOSAL BIOGAS

 on Tuesday, April 3, 2012  

PROPOSAL BIOGAS - Saraswati Update - KELOMPOK TANI TERNAK“SARASWATI”Alamat: Desa Tambaharjo, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen
No         :         44/VII-PROP/tahun
Lamp.    :         1 bendel
Hal         :         Permohonan Bantuan Mesin Pembuat Biogas.

Kepada:
Yth.  Kepala Dinas PEPERLA
          Kabupaten Kebumen
          Di Kebumen.

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan semakin banyaknya peternak sapi di desa Tambaharjo, sehingga semakin banyak pula kotoran ternak yang dihasilkan, akan tetapi melimpahnya kotoran ternak tersebut belum seluruhnya dapat termanfaatkan oleh para petani, padahal sangat berguna bagi petani, baik dalam menghemat biaya pembelian bahan bakar minyak yang kian hari kian langka dan harganyapun semakin melambung  di samping itu dengan memanfaatkan limbah bio gas menjadi pupuk organic dapat pula menghemat biaya produksi pengolahan lahan sawah (mengurangi pembelian pupuk anorganik) maupun dalam pemulihan kondisi tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan, untuk itu maka Kelompok Tani Ternak Saraswati dengan ini mengajukan Permohonan Bantuan Mesin Pembuat Biogas.

PROPOSAL BIOGAS
Jumlah sapi yang dipelihara oleh para peternak di desa Tambaharjo mencapai kurang lebih 80 ekor. Terdiri dari 3 (tiga) kelompok tani ternak dan sebagian kecil sapi milik pribadi. Sampai saat ini kotoran yang dihasilkan belum termanfaatkan secara optimal, sebagian besar kotoran tersebut masih teronggok di pekarangan rumah milik peternak, dikhawatirkan justru akan menjadi sumber penyakit.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan profil Kelompok Tani Ternak Saraswati dan data jumlah ternak sapi di desa Tambaharjo. Besar harapan kami Permohonan ini dapat terkabul, atas terkabulnya Permohonan ini sebelumnya kami haturkan terima kasih.

Ketua Kelompok

LATAR BELAKANG

Pengembangan bidang peternakan yang dilakukan oleh para peternak kian hari mengalami peningkatan yang signifikan.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari peternakan, baik manfaat secara langsung sebagai penambah penghasilan keluarga maupun manfaat tidak langsung, misalnya pemanfaatan kotoran ternak sebagai pengganti bahan bakar minyak yang kian langka di pasaran dan harganyapun semakin melambung. Juga manfaat lainnya sebagai pengganti pupuk anorganik yang juga berfungsi untuk mengembalikan kerusakan tanah yang semakin dirasakan oleh para petani yang dampaknya adalah menurunnya hasil panen para petani.

Sumber daya manusia dan teknologi  peternakan semakin meningkat, akan tetapi peningkatan tersebut menjadi tidak optimal dikarenakan sulitnya memperoleh modal untuk pengadaan teknologi peternakan dan pertanian tersebut, misalnya mesin Pembuat biogas..

Kotoran Ternak merupakan salah satu solusi atas kekurangan bahan bakar minyak dan harganya yang terus naik, maka dengan alasan tersebut kami mengajukan Permohonan Bantuan Pengadaan Mesin Pembuat Biogas.

Kami mohon proposal ini merupakan Permohonan yang perlu dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan melimpahnya kotoran ternak yang belum termanfaatkan pada para peternak, khususnya anggota Kelompok Tani Ternak Saraswati Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen.

Dengan adanya Bantuan Pengadaan Mesin Pembuat Biogas ini  mudah-mudahan peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani Ternak Saraswati Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen menjadi peternak yang bisa ramah lingkungan dan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Meningkatkan taraf hidup peternak beserta anggotanya.
  2. Menanggulangi permasalahan melimpahnya kotoran ternak.
  3. Menekan biaya hidup para peternak.
  4. Menekan biaya produksi pertanian dengan pemanfaatan limbah biogas.
  5. Membantu memperbaiki kerusakan tanah dengan pemanfaatan limbah biogas.
  6. Membantu meningkatkan hasil produksi pertanian melalui pupuk organic yang dihasilkan.
  7. Meningkatkan SDM para anggota.
  8. Berorientasi peternakan berwawasan bisnis.
  9. Menjalin hubungan antara Pemerintah dan peternak.
PENUTUP                                                                         

Rencana Bantuan Pengadaan Mesin Pembuat Biogas ini merupakan suatu harapan besar bagi Kelompok Tani Ternak Saraswati, bahwa ini merupakan kegiatan yang sangat membantu anggota kelompok dalam mengembangkan programnya sesuai dengan wawasan Kelompok Tani Ternak untuk mencapai hasil yang maksimal.

Maka segala bantuan  dan dukungan sehubungan dengan permasalahan di atas merupakan kunci keberhasilan kami.

Demikian proposal ini, besar harapan kami proposal ini dapat terkabul. Atas kepercayaan, dukungan, dan  terkabulnya permohonan ini kami haturkan terima kasih.

Tambaharjo, 13 Juli 2009
Ketua Kelompok
PROPOSAL BIOGAS 4.5 5 Unknown Tuesday, April 3, 2012 PROPOSAL BIOGAS - Saraswati Update - KELOMPOK TANI TERNAK“SARASWATI”Alamat: Desa Tambaharjo, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen No   ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar