Pentingnya Mengetahui Lingkup Budidaya Tanaman agar Sukses

 on Monday, August 25, 2014  

Pentingnya Mengetahui Lingkup Budidaya Tanaman agar Sukses - Dalam melakukan usaha budidaya tanaman, misalnya budidaya cabe, terong, tomat, dan sayuran lainnya, kita sedikit banyak harus mengetahui lingkup budidaya agar dapat meminimalisir kesalahan dan hal-hal fatal yang mengakibatkan kegagalan dalam usaha budidaya tanaman. Apalagi jika budidaya tanaman yang kita lakukan dalam jumlah yang besar dengan modal yang besar pula.

Berikut ini sedikit tentang lingkup budidaya tanaman yang dapat kita pelajari agar bisa sukses dalam menjalankan budidaya tanaman.

Lingkup dari budidaya tanaman terdiri dari bidang ilmu, yaitu:
  1. Pemuliaan tanaman
  2. Teknologi benih
  3. Pengolahan
  4. Teknik budidaya
  5. Pengendalian hama, penyakit dan gulma
  6. Pemanenan
Pentingnya Mengetahui Lingkup Budidaya Tanaman agar Sukses

Seluruh lingkup budidaya tanaman berada dalam konteks yang padu. Satu sama lain dan mempunyai hubungan timbal balik yang erat.

Kegiatan budidaya tanaman itu sendiri mengandung 3 faktor utama, yaitu:
  1. Tanaman.
  2. Lingkungan tumbuh atau lapang produksi dan teknik budidaya atau pengelolaan.
  3. Produk tanaman.
Tanaman pertanian adalah tumbuh-tumbuhan yang dikelola manusia pada batas tingkat tertentu. Jumlah spesies yang termasuk kedalam tanaman pertanian ini cukup banyak mencapai 20.000 spesies
lebih. Meningkatnya peradaban dan kebudayaan manusia serta pemenuhan kebutuhan pangan, sandang dan papan akan menambah jumlah spesies yang termasuk ke dalam tanaman pertanian.

Tanaman mengalami dua tahap perkembangan, yaitu:
  1. tahap perkembangan vegetatif
  2. tahap perkembangan reproduktif
Tahap perkembangan vegetatif meliputi perkecambahan benih, pemunculan dan pertumbuhan bibit dan menjadi tanaman dewasa. Sedangkan tahap perkembangan reproduktif meliputi pembentukan bunga, pembentukan, pemasakan dan pematangan biji.

Lingkungan tumbuh tanaman dapat digolongkan ke dalam 2 lingkungan, yaitu:
  1. lingkungan abiotik berupa tanah atau medium/substrat lainnya dan iklim atau cuaca.
  2. lingkungan biotik berupa makhluk hidup lainnya.
Tanah atau medium/substrat merupakan pemasok hara dan air yang diperlukan tanaman selain sebagai tempat hidup komponen biotik, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Iklim terdiri dari unsur-unsur seperti udara, angin, suhu, kelembaban udara, cahaya matahari, dan hujan.

Lingkungan biotik meliputi:
  1. hama
  2. penyakit
  3. gulma yang merugikan dan makhluk lainnya yang menguntungkan tanaman.
Lingkungan tumbuh yang baik memungkinkan produksi tanaman yang baik juga. Tanaman dengan lingkungan tumbuhnya saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.
Pentingnya Mengetahui Lingkup Budidaya Tanaman agar Sukses 4.5 5 Unknown Monday, August 25, 2014 Pentingnya Mengetahui Lingkup Budidaya Tanaman agar Sukses - Dalam melakukan usaha budidaya tanaman, misalnya budidaya cabe, terong, tomat...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar