Jenis Jenis Produk Pertanian yang Berkembang Pesat di Indonesia

 on Monday, August 25, 2014  

Jenis-Jenis Produk Pertanian yang Berkembang Pesat di Indonesia - Produk budidaya tanaman di Indonesia saat ini mulai berkembang cukup pesat seiring banyak ditemukannya varietas unggul yang baru. Produk tanaman dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu: 1) Produk dari teknik budidaya yang dapat digunakan langsung, dan 2) Benih atau bibit yang merupakan produk pertanian untuk mempertahankan kelangsungan budidaya.

Kedua produk tanaman ini memiliki prinsip yang berbeda dalam pengelolaannya. Pengelolaan untuk menghasilkan benih/bibit mencakup 2 prinsip. yaitu:
  1. Prinsip genetis, dalam prinsip ini teknik budidaya diarahkan untuk menghasilkan benih/bibit yang bermutu genetik tinggi yakni; murni genetik, jelas varietas, atau benar tipe.
  2. Prinsip agronomis, prinsip ini mengarahkan teknik budidaya untuk menghasilkan benih bermutu fisiologis dan mutu fisik yang tinggi, selain hasilnya juga tinggi.
Jenis Jenis Produk Pertanian yang Berkembang Pesat di Indonesia

Spesies tanaman yang dimanfaatkan oleh manusia dalam budidaya tanaman di dunia ini mencapai 20.000 spesies. Produk terbesar dalam budidaya tanaman yaitu tanaman bahan pangan yang berupa, seperti:
  1. gandum
  2. padi
  3. jagung
  4. kentang
Peningkatan kebutuhan akan bahan pangan, sandang, dan pangan pada jenis tertentu akan menghasilkan temuan varietas baru yang unggul hanya pada jenis yang diminati saja, sedangkan pada
jenis lainnya relatif lebih lambat.

Produk bahan makanan dunia yang berfungsi sebagai makanan pokok dunia peningkatan produksinya relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Peningkatan produksi pertanian dunia sangat tergantung pada bagaimana pelaku pertanian melaksanakan teknik budidayanya.

Beberapa produk pertanian yang saat ini berhasil berkembang cukup berarti di Indonesia antara lain:
  1. Tepung, beras, ubi kayu, jagung, gandum
  2. Buah-buahan: jeruk, pisang, mangga, dan lain-lain
  3. Sayur-sayuran: kubis, kentang
  4. Kacang-kacangan: kacang tanah, kedelai
  5. Ikan segar, udang, telur, susu, dairy produk
  6. Daging ayam, sapi, kerbau
  7. Makanan jadi, minuman
  8. Ternak, hasil peternakan, makanan ternak
Jenis Jenis Produk Pertanian yang Berkembang Pesat di Indonesia 4.5 5 Unknown Monday, August 25, 2014 Jenis-Jenis Produk Pertanian yang Berkembang Pesat di Indonesia - Produk budidaya tanaman di Indonesia saat ini mulai berkembang cukup pes...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar