Contoh Komoditas Unggulan Daerah sebagai Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

 on Thursday, September 25, 2014  

Contoh Komoditas Unggulan Daerah sebagai Potensi Sumber Daya Alam Indonesia - Indonesia secara alamiah adalah negara pertanian dengan budaya pertanian yang kuat. Bertani, beternak, berburu ikan dilaut adalah keahlian turun-menurun yang sudah mendarah daging. Teknologi dasar ini sudah dikuasai sejak jaman nenek moyang. Karena budaya pertanian yang telah mendarah daging maka usaha pada sektor pertanian kita sebenarnya dapat dipacu untuk berproduksi sebesar-besarnya.

Luasnya lahan, cadangan air yang melimpah, dan potensi wilayah yang tersedia mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi yang mendukung menjadi obsesi dalam menjadikan Indonesia sebagai pemasok hasil pertanian unggulan di kemudian hari. Indonesia memiliki potensi sumberdaya yang tidak akan pernah habis, dan akan tetap ada sepanjang usia alam itu sendiri yakni manusia,sinar matahari, tanah, hutan, dan laut.

Manusia dengan akal dan budaya lokal daerah yang beraneka ragam akan menghasilkan beragam teknologi budidaya yang unggul spesifik lokasi. Teknik budidaya yang berbasis pada keragaman fertilitas tanah, yang berkaitan dengan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi setempat akan mengakibatkan keunggulan komparatif dari jumlah dan mutu pertanian yang dihasilkan.

Contoh Komoditas Unggulan Daerah sebagai Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

Biodiversitas tanaman dan hewan Indonesia yang dapat dimanfaatkan juga relatif tinggi. Hal ini mengakibatkan munculnya komoditas unggulan daerah yang potensial.

Beberapa komoditas unggulan daerah misalnya:
  1. Aceh yang berpotensi untuk nilam dan tanaman hutan.
  2. Banten dengan komoditas unggulan padi, palawija, sayuran dan buah-buahan.
  3. Sumatera Utara yang terkenal dengan tanaman perkebunannya seperti kelapa sawit, karet dan tembakau deli.
  4. Sumatera barat dengan padi dan bengkuangnya.
  5. Sumatera Selatan dengan buah duku.
  6. Jawa Barat dengan padi, hortikultura, dan teh.
  7. Madura yang memiliki keunggulan dalam penghasil jagung.
  8. Maluku (Studi kasus pada Kabupaten Buru seluas 511.619 ha) memiliki komoditas unggulan terdiri kelapa 9.250,2 ha, kakao 6.239, 5 ha, cengkeh 4.590, 6 ha, jambu mete 1.213,4 ha, kopi 196, 6 ha, pala 456, 8 ha, dan vanili 12,0 ha, dengan rata-rata produktivitas yang diperoleh dari komoditas perkebunan adalah: kelapa 1,2 t/ha/tahun, kakao 1,0 t/ha/tahun, cengkeh 1,2 t/ha/tahun, jambu mete 0,8 t/ha/tahun, kopi 1,0 t/ha/tahun, dan pala 0,9 t/ha/tahun.
Contoh Komoditas Unggulan Daerah sebagai Potensi Sumber Daya Alam Indonesia 4.5 5 Unknown Thursday, September 25, 2014 Contoh Komoditas Unggulan Daerah sebagai Potensi Sumber Daya Alam Indonesia - Indonesia secara alamiah adalah negara pertanian dengan buda...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar