Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia

 on Thursday, September 25, 2014  

Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia - Untuk memnuhi kebutuhannya, manusia dengan segala daya dan upaya melakukan kegiatan budidaya dengan tujuan untuk:
  1. memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari
  2. mendapatkan hasil yang setinggi mungkin baik dari segi kuantitas maupun kualitas apakah itu berupa bagian generatif atau vegetatif
  3. perubahan ekonomi
  4. peningkatan pendapatan masyarakat tani ke arah yang lebih baik
Peningkatan ekonomi itu harus dapat diwujudkan, terutama melalui peningkatan produktivitas pertanian. Hal ini sangat berkaitan dengan rancangan perbaikan teknik budidaya di suatu daerah yang harus didasarkan pada:
  1. faktor biofisik dan keadaan sosial,
  2. budaya,
  3. dan ekonomi setempat
Tujuannya adalah agar produktivitas pertaniannya dapat menjamin pendapatan petani yang cukup tinggi untuk mendukung kehidupan yang layak.
 
Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia
 
Dengan demikian penetapan rancangan budidaya dan pemilihan jenis komoditas yang akan diusahakan di suatu daerah harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah, peneliti, dan masyarakat petani.

Di samping itu perlu di pertimbangkan jaminan terhadap kelestarian lingkungan hidup. Setiap buidaya tanaman yang dilakukan disamping dapat meningkatkan produktivitas, juga harus dapat menekan/mencegah penurunan kualitas lingkungan (environmental degradation) sehingga kenyamanan hidup masyarakat dapat terjaga secara lestari.

Karena itu tujuan akhir dari segala upaya yang dilakukan pada setiap usaha bertanam, apapun yang dilakukan adalah untuk mendapatkan hasil yang setinggi mungkin baik dari segi kuantitas maupun kualitas apakah itu berupa bagian generatif atau vegetatif.

Pada kondisi yang kurang menguntungkan atau dalam upaya memperbaiki tingkat produktivitas suatu jenis tanaman, pengetahuan yang luas mengenai tanaman itu sendiri khususnya menyangkut proses produksi yang diperlukan untuk menghasilkan produksi optimum mutlak diperlukan.

Analisis konseptual dalam mengidentifikasi seluruh faktor-faktor pembatas produksi merupakan landasan utama dalam meningkatkan hasil pertanian.
Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia 4.5 5 Unknown Thursday, September 25, 2014 Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia - Untuk memnuhi kebutuhannya, manusia dengan segala daya dan upaya melakukan kegiatan ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar