Persyaratan yang Harus Dipenuhi agar Indonesia menjadi Negara Agraris yang Unggul

 on Thursday, September 25, 2014  

Persyaratan yang Harus Dipenuhi agar Indonesia menjadi Negara Agraris yang Unggul - Selain laut, asset lain Indonesia yang sangat potensial yaitu hutan tropis yang bertindak sebagai produsen oksigen untuk kebutuhan umat manusia. Sinar matahari sepanjang tahun menyebabkan kita tidak memerlukan rumah kaca yang mahal untuk mengembangkan sektor pertaniannya. Sinar matahari yang memungkinkan terjadinya proses fotosintesa pada tanaman memungkinkan untuk mengembangkan dan menghasilkan komoditas pertanian yang sangat besar.

Rancang bangun revitalisasi sektor pertanian saat ini berfokus pada penyiapan rancang bangun untuk peningkatan produk pertanian secara kuantitas dan kualitas.

Beberapa hal-hal yang harus dirancang secara cermat dalam rancang bangun tersebut meliputi:
  1. kondisi luas lahan yang tersedia termasuk di dalamnya jenisnya (sawah, lahan tadah hujan, dan lahan kering yang akan ditanami untuk tanaman pangan),
  2. jenis komoditas (hortikultura, perkebunan, obat-obatan/ dan industri),
  3. pelaku tindak budidaya (siapa petaninya).
Untuk meningkatkan produktivitas yang diinginkan, kebutuhan pupuk dan pestisida untuk setiap pertanaman harus dihitung dengan cermat dan dirancang cara pengadaannya dengan teliti agar pupuk/pestisida berkualitas baik sudah tersedia dengan jumlah yang dibutuhkan pada waktu yang tepat.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi agar Indonesia menjadi Negara Agraris yang Unggul

Pengadaan bibit/benih berkualitas baik dan diperlukan harus dirancang secara tepat. Konservasi air melalui pemanenan air hujan harus dirancang secara baik dan memadai agar tak terjadi kehilangan air
yang berlebihan, dan air tersebut dapat dipakai sebagai air irigasi pada musim kemarau berikutnya.

Desain/rancang bangun sistem pertanian berkelanjutan akan diterapkan di setiap daerah dan harus disesuaikan dengan faktor biofisik daerah (site specific) dan disusun sedemikian rupa sehingga sistem pertanian berkelanjutan terwujud di setiap daerah.

Oleh karenanya untuk mencapai cita-cita Indonesia sebagai negara agraris yang unggul hendaknya diperhatikan hal-hal berikut:
  1. Sistem pertanian yang disesuaikan dengan kondisi biofisik daerah
  2. Sistem usaha agribisnis
  3. Teknik budidaya
  4. Perbaikan proses produksi
  5. Pemasaran produksi
  6. Peningkatan akses masyarakat terhadap teknologi
  7. Pendanaan usahanya dan upaya peningkatan pelanggan, sehingga masyarakat mampu meningkatkan profit
  8. Meningkatkan pengembangan produk dan memperbaiki kualitas.
Persyaratan yang Harus Dipenuhi agar Indonesia menjadi Negara Agraris yang Unggul 4.5 5 Unknown Thursday, September 25, 2014 Persyaratan yang Harus Dipenuhi agar Indonesia menjadi Negara Agraris yang Unggul - Selain laut, asset lain Indonesia yang sangat potensia...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar