Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman

 on Thursday, September 25, 2014  

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman - Pertumbuhan tanaman dapat didefinisikan sebagai peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup berupa perubahan ukuran yang bersifat irreversible (tidak berubah kembali ke asal atau tidak dapat balik).

Perkembangan adalah proses menuju pencapaian kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna pada makhluk hidup.

Pertumbuhan pada makhluk hidup bersel banyak (multiselluler) ditandai dengan pertambahan ukuran sel (sel bertambah besar dan panjang) dan pertambahan jumlah sel.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman

Sedangkan pertumbuhan pada makhluk ber sel satu (uniseluler) ditandai dengan penambahan ukuran sel.

Adanya proses pertumbuhan ini dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif. Secara empiris pertumbuhan tanaman dapat dinyatakan sebagai suatu fungsi dari:
genotipe X lingkungan = F (faktor pertumbuhan) internal X faktor pertumbuhan eksternal)

Tanaman yang bertambah panjang di tempat gelap belum dapat dikatakan tumbuh walaupun volumenya bertambah, karena bobot kering sebenarnya menurun akibat respirasi yang terus berlangsung, sedangkan fotosintesa tidak terjadi.

Dalam keadaan normal pertumbuhan bukan saja pertambahan volume tetapi juga diikuti oleh pertambahan bobot kering.

Perkembangan pada tumbuhan merupakan suatu proses menuju tercapainya kedewasaan pada tumbuhan tersebut. Tumbuhan dikatakan dewasa jika tumbuhan tersebut sudah membentuk bunga.

Pertumbuhan dan dan perkembangan merupakan gejala-gejala yang saling berhubungan.

Pertumbuhan sebagaimana telah didefinisikan sebagai pertambahan ukuran (biasanya dalam bobot kering) yang tidak dapat balik (irreversibel).

Sedangkan perkembangan mencakup proses diferensiasi, dan ditunjukkan oleh perubahan-perubahan yang lebih tinggi, menyangkut spesialisasi secara anatomi dan fisiologi.
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman 4.5 5 Unknown Thursday, September 25, 2014 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman - Pertumbuhan tanaman dapat didefinisikan sebagai peristiwa perubahan biologis yang te...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar