7 Hal Penting dalam Budidaya Tanaman Guna Pemenuhan Kebutuhan Hidup Manusia

 on Thursday, September 25, 2014  

7 Hal Penting dalam Budidaya Tanaman Guna Pemenuhan Kebutuhan Hidup Manusia -  Agar budidaya tanaman pangan dapat mencapai hasil yang maksimal baik kualitas dan kuantitasnya, maka manusia harus mengetahui tentang seluk beluk dan ilmu tentang budidaya tanaman pangan itu sendiri.

Seiring berkembanganya zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi, manusia terus dituntut untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Hubungannya dengan budidaya tanaman pangan, berikut ini 7 Hal Penting dalam Budidaya Tanaman Guna Pemenuhan Kebutuhan Hidup Manusia:

7 Hal Penting dalam Budidaya Tanaman Guna Pemenuhan Kebutuhan Hidup Manusia

  1. Teknik budidaya tanaman adalah proses menghasilkan bahan pangan serta produk-produk agroindustri dengan memanfaatkan sumberdaya tumbuhan.
  2. Awal dimulainya teknik budidaya ditandai dengan menetapnya seorang peladang menempati suatu areal pertanaman tertentu.
  3. Budidaya tanaman memiliki dua ciri penting yakni selalu melibatkan barang dalam volume besar dan proses produksinya memiliki resiko yang relatif tinggi.
  4. Suatu kegiatan dimasukkan ke dalam tindak budidaya apabila telah melakukan 3 hal pokok yaitu: (a) melakukan pengolahan tanah; (b) pememeliharaan untuk mencapai produksi maksimum; dan (c) tidak berpindah-pindah.
  5. Aspek budidaya meliputi tiga aspek pokok, yaitu: (a) aspek pemuliaan tanaman; (b) aspek fisiologi tanaman; dan (c) aspek ekologi tanaman.
  6. Produk tanaman dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu: produk yang dapat digunakan langsung dan benih atau bibit yang merupakan produk pertanian untuk mempertahankan kelangsungan budidaya.
  7. Peningkatan produksi pangan dilakukan melalui penemuan-penemuan varietas-varietas baru yang mempunyai kelebihan-kelebihan tertentu, perbaikan metoda atau teknik budidayanya serta mengusahakan cara bertanam yang benar.
7 Hal Penting dalam Budidaya Tanaman Guna Pemenuhan Kebutuhan Hidup Manusia 4.5 5 Unknown Thursday, September 25, 2014 7 Hal Penting dalam Budidaya Tanaman Guna Pemenuhan Kebutuhan Hidup Manusia -  Agar budidaya tanaman pangan dapat mencapai hasil yang maks...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar