Faktor Penyebab Penyakit Diabetes dan Gejalanya

 on Tuesday, January 14, 2014  

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes dan Gejalanya - Penyakit Diabetes saat ini masih merupakan penyakit yang banyak diderita orang. Penyakit ini masih banyak membingungkan dan mengkhawatirkan bagi para penderitanya. Tidak sedikit nyawa melayang akibat penyakit diabetes ini, meskipun banyak juga yang berhasil sembuh dengan berbagai usaha pengobatan.

Lain orang lain pula masalahnya, meskipun sama-sama penyakit diabetes, lain orang lain pula penyebabnya, tentu saja lain pula gejalanya, dan akhirnya lain pula pengobatannya.

Istilah mencegah dari pada mengobati masih menjadi istilah yang harus diperhatikan oleh semua orang, akan tetapi terkadang banyak orang yang menganggap sepele atau bahkan mereka tidak menyadari bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Untuk itu berikut ini disampaikan beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes, agar dapat dilakukan pencegahan sebelum terkena penyakit diabetes ini.
  1. Faktor keturunan, faktor keturuna tidak akan terjadi jika seseorang yang lahir dari orang tua pengidap diabetes mau melakukan cara hidup sehat.
  2. Kegemukan/Obesitas bisa terjadi pada siapa saja karena pola hidup yang kurang baik, jarang olahraga, pola makan tidak teratur,dan lain-lain
  3. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan diabetes, untuk itu seseorang harus selalu mengontrol emosinya dan lagi-lagi harus menjaga pola makan yang sehat.
  4. Hubungannya dengan kegemukan, angka triglycerid (salah satu jenis molekul lemak) yang tinggi.
  5. Tingkat kolesterol yang tinggi, kolesterol tinggi juga disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat juga apa yang dimakan.
  6. Kebiasaan memakan makanan instan atau cepat saji atau makanan pabrikan.
  7. Kebiasaan merokok
  8. Stress berkepanjangan. Perkembangan jaman yang mengglobal berefek pada kondisi ekonomi keluarga. Persaingan hidup yang ketat juga bisa menimbulkan stress. Obatnya Iman dan taqwa, lapangkan dada, dan benahi masalah (Rhoma Irama).
  9. Mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan juga dapat menyebabkan diabetes.
  10. Rusaknya kelenjar pangkreas sehingga tidak dapat memproduksi hormon insulin secara baik sehingga gula tidak bisa diproses menjadi tenaga dengan baik dan larut ke dalam darah.
Gejala-gejala yang dapat dideteksi secara umum oleh penderita diabetes yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah adalah:
  1. Tubuh kekurangan energi yang disebabkan oleh gangguan metabolisme karbohidrat.
  2. Badan terasa lemah, lemas, dan kurang bugar.
  3. Sering kencing terutama pada malam hari
  4. Sering merasa haus sehingga banyak minum
  5. Sering merasa lapar sehingga banyak makan
  6. Merasa lelah sehingga sering mengantuk
  7. Pandangan mata menjadi kabur tidak jelas
  8. Pusing dan mual
  9. Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu
  10. Berat badan selalu menurun
  11. Kesemutan
  12. Terasa gatal-gatal pada tangan dan kaki
Tingginya kadar gula dalam darah akan mempengaruhi kerja ginjal yang menghasilkan urine atau air kencing dalam jumlah yang berlebihan untuk mengencerkan kandungan dula/glukosa, sehingga sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak. Penderita diabetes sering merasa haus yang berlebihan dan akhirnya banyak minum. karena hilangnya banyak kalori yang terbawa oleh urine atau air kencing, maka penderita diabetes mengalami penurunan berat badan, oleh karena itu penderita diabetes sering kali merasa lapar sehingga banyak makan.

Demikian Faktor Penyebab Penyakit Diabetes dan Gejalanya, semoga bermanfaat.
 
Faktor Penyebab Penyakit Diabetes dan Gejalanya 4.5 5 Unknown Tuesday, January 14, 2014 Faktor Penyebab Penyakit Diabetes dan Gejalanya - Penyakit Diabetes saat ini masih merupakan penyakit yang banyak diderita orang. Penyaki...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar