Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 on Thursday, January 16, 2014  

Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Durian memang berduri, namun dibalik kulitnya yang berduri, tersimpan daging buah yang lezat yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita berkat kandungan zat pentingnya.

Profesor. Dr. Aminuddin AHK dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, univ. Kebangsaan Malaysia menyampaikan bahwa durian mengandung tiga jenis gula alami, yaotu:
  1. Sukrosa
  2. Fruktosa
  3. Glukosa
Dengan makan buah durian dapat menambah energi bagi tubuh kita secara cepat berkat kandungan 3 jenis gula di atas dan seratnya. Makan 2 pongge durian dapat menyediakan energi untuk kerja 90 menit secara berterusan. Jika dibandingkan dengan Apel, maka durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.

Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat durian bagi tubuh kita:

Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

  1. Mencegah depresi. Makan buah durian dapat menurunkan depresi karena durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat dirubah dalam tubuh menjadi serotonin, untuk membuat badan lebih rilek, meningkatkan mood, dan secara umum membuat perasaan lebih gembira.
  2. PMS (premenstrual syndrome). Vitamin B6 yang dikandung durian meregulasi kadar gula darah yang akan meningkatkan mood anda.
  3. Mengatasi dan mencegah gejala kurang darah atau anemia. Dengan kadar besi tinggi, durian dapat merangsang produksi haemoglobin dalam darah sehingga membantu penderita anemia.
  4. Dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke. Durian dapat menekan tekanan darah. Durian mengandung kalium sangat tinggi tetapi kadar garam yang rendah, membuat durian sempurna untuk menekan tekanan darah. Sehingga US Food and Drug Administration telah mengijinkan industri durian untuk mengajukan pengakuan resmi terhadap kemampuan durian mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan stroke.
  5. Brain Power. 200 pelajar di Twickenham (Middlesex) school telah dibantu ujian mereka dengan makan durian pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang untuk mendorong kecerdasan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa kalium buah yang tinggi dapat membantu siswa lebih perhatian/serius pada pelajaran.
  6. Membantu sistem pencernaan dengan melancarkan BAB. Durian mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan melancarkan BAB.
  7. Mengatasi mabuk dalam perjalanan, kelelahan. Salah satu cara tercepat untuk menangani hangover adalah dengan membuat durian milkshake, dengan campuran madu. Durian akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah, sementara susu akan me-rehidrasi sistim tubuh.
  8. Mengatasi nyeri lambung. Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, apabila anda mengalami nyeri perut, cobalah makan durian untuk meredakannya.
  9. Mencegah dan mengatasi mual (Morning Sickness). Makan durian di antara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghndari morning sickness.
  10. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk. Kandungan kulit durian bagian dalam dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk dan mencegah bentol.
  11. Memperbaiki system syaraf. Durian mengandung vitamin B yang tinggi yang dapat membantu memperbaiki system syaraf.
  12. Membantu mengontrol diet berat badan: Studi di the Institute of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang banyak makan dan ngemil. Satu hasil kajian menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39%.
  13. Mengatasi radang saluran pencernaan. Durian dapat digunakan sebagai makanan pencegah sakit intestinal sebab durian bertekstur lunak dan lembut. Durian satu-satunya buah segar yang dapat dimakan langsung pada kasus yang telah kronis. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.
  14. Membantu mengontrol suhu badan. Durian adalah buah pendingin yang dapat menurunkan suhu bagi ibu hamil. Di Holand, wanita hamil disarankan agar makan durian untuk meyakinkan bahwa bayi mereka akan lahir dengan suhu yang cool.
  15. Mengurangi ketagihan nikotin bagi perokok. Durian dapat juga membantu orang yang berusaha berhenti merokok, karena mengandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin.
  16. Mencegah stress. Kalium adalah salah satu mineral vital, yang membantu menormalkan denyut jantung, mengirim oksigen ke otak, dan meregulasi keseimbangan air dalam tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita meningkat sehingga mengurangi kadar kalium. Hal ini dapat di seimbangkan kembali dengan makan durian yang mengandung kalium tinggi.
  17. Mengurangi resiko stroke. Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian sebagai bagian dari menu harian dapat megurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.
  18. Membantu menyembuhkan luka. Durian juga merupakan alternatif untuk penyembuhan luka. Ambil sebagian durian dan tempelkan pada luka kemudian plester atau balut.
Demikian Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan 4.5 5 Unknown Thursday, January 16, 2014 Durian Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Durian memang berduri, namun dibalik kulitnya yang berduri, tersimpan daging buah yang l...


5 comments:

  1. Saya pernah makan durian, cuma 2 biji langsung mabuk 3 hari 3 malam, kapok dah gk mau lagi sampe skarang

    ReplyDelete
  2. waduh,, kalau saya gak berani makan mas..

    ReplyDelete
  3. luar biasa kasiat durian...tapi sayangnya saya kurang begitu suka bau saja sudah sakit kepala
    makasih mas nanti tak kasih tau ma yang blm tau

    ReplyDelete
  4. kalau musim duren pasti diusahain harus makan duren, kalau pas lagi bokek, bela-belain kasbon dulu kekantor hanya untuk beli duren, makan sajah sampe puas, tanpa ngeh kalau ternyata duren teh memiliki khasiat yang banyak banget...tuh sampe ada 18 poin tuh manfaatnya...keren kan?...pantesan azh saya yang doyan makan duren ini jadi ikutan keren...;o)

    ReplyDelete
  5. Mas, Mba', Jenx, Pak, Bu, Om, Tante, mengkonsumsi duren bisa membuat badan menjadi hangat untuk menghindari masuk angin juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar