Manfaat Air Bagi Kesehatan Manusia

 on Saturday, January 11, 2014  

Manfaat Air Bagi Kesehatan Manusia - Air sangat banyak manfaatnya di dalam dunia ini khususnya bagi manusia. Ada segudang manfaat, fungsi, kegunaan, dan peranan air bagi kehidupan manusia. Air menjadi salah satu kebutuhan pokok organisme hidup di dunia ini termasuk manusia. Air merupakan unsur penting bagi makhluk yang bernyawa, seperti hewan dan tubuhan. Tanpa keberadaan air, kehidupan akan mati.

Manfaat air bagi manusia adalah untuk:
  1. Minum
  2. Memasak
  3. Kebersihan, seperti mandi dan cuci
  4. Membersihkan rumah.
  5. Sarana produksi pada pabrik
  6. Pembangkit tenaga listrik
  7. Pengairan pertanian dan sawah
  8. Minuman ternak
Mengapa air sangat penting bagi manusia, karena 3/4 bagian dari tubuh kita terdiri dari air. Volume air dalam tubuh manusia rata-rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang. Beberapa organ tubuh ma­nusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.

Manfaat Air Bagi Kesehatan Manusia

Setiap hari kurang lebih 2.272 liter darah dibersihkan oleh ginjal dan sekitar 2,3 liter diproduksi menjadi urine. Selebihnya diserap kembali masuk ke aliran darah. Dalam kehidupan sehari-hari, air dipergunakan antara lain untuk ke­perluan minum, mandi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, pelarut obat, dan pembawa bahan buangan industri.

Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat. Volume rata- rata kebutuhan air setiap individu per hari berkisar antara 150-200 liter atau 35-40 galon. Kebutuhan air tersebut bervariasi dan bergantung pada keadaan iklim, standar kehidupan, dan kebiasaan masyarakat.

Demikian Manfaat Air Bagi Kesehatan Manusia, semoga bermanfaat.
 
Manfaat Air Bagi Kesehatan Manusia 4.5 5 Unknown Saturday, January 11, 2014 Manfaat Air Bagi Kesehatan Manusia - Air sangat banyak manfaatnya di dalam dunia ini khususnya bagi manusia. Ada segudang manfaat, fungsi,...


1 comment:

  1. Air adalah sumber kehidupan ya mas karena bumi kita jugasebagian besar terdiri dari air

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar