16 Unsur Hara ini yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Normal

 on Sunday, October 25, 2015  

Saraswati Update - 16 Unsur Hara ini yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Normal - Unsur-Unsur Pupuk - Seperti manusia, tanaman juga memerlukan makanan untuk tumbuh dan berkembang. Makanan tanaman berupa unsur hara yang ada di dalam tanah, air, dan udara.

Untuk pertumbuhan yang normal tanaman sedikitnya membutuhkan 16 unsur hara esensial.

Berikut ini 16 Unsur Hara ini yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Normal:
  1. Unsur hara yang diperoleh tanaman dari air dan udara di antaranya: C, H, dan O
  2. Unsur hara makro antara lain: N,P,K,Ca, Mg, S
  3. Unsur mikro antara lain: Fe, Zn, Mn, Cu, Cl, B, dan Mo.
16 Unsur Hara ini yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Normal

Hara Ca dan Mg diberikan tanaman dalam bentuk kapur, walaupun tidak dianggap pupuk kapur mempunyai peranan penting sebagai sumber hara Ca dan Mg.

Selain itu kapur mempunyai fungsi utama yakni dapat menaikkan pH tanah-tanah yang bereaksi masam, meningkatkan ketersediaan P dan mencegah keracunan besi dan aluminium.

Unsur belerang banyak dijumpai dalam bentuk pupuk buatan, sehingga pemupukan belerang jarang dilakukan, hal ini bukan berarti belerang tidak penting untuk pertumbuhan tanaman.

Belerang dijumpai dalam berbagai pupuk dan pengaruhnya dianggap penting. Akan tetapi secara hara ia tidak kritis, oleh karena itu sering tidak dianggap begitu penting.

Kecuali unsur hara mikro, tinggal tiga unsur nitrogen, posfor dan kalium, dan karena ketiga unsur ini sering ditambahkan sebagai pupuk, maka sering disebut sebagai unsur pupuk.
16 Unsur Hara ini yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Normal 4.5 5 Unknown Sunday, October 25, 2015 Saraswati Update - 16 Unsur Hara ini yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Normal - Unsur-Unsur Pupuk - Seperti manusia, tanaman juga memerl...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar