3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pupuk

 on Sunday, October 25, 2015  

Saraswati Update - 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pupuk - Penggunaan pupuk pada tanah pertanian dimulai bersamaan dengan sejarah pertanian itu sendiri. Pengunaan senyawa-senyawa kimia untuk memperoleh pertumbuhan tanaman yang baik baru dimulai kurang lebih seratus tahun yang lalu. Namun sekarang senyawa-senyawa kimia tersebut merupakan keharusan ekonomi bagi kebanyakan tanah.

Kaidah yang harus dipatuhi dalam aplikasi pupuk

Penggunaan senyawa kimia ini dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan harus dilakukan mengikuti kaedah kesehatan dan keselamatan kerja.

Bahaya bahan kimia yang terkandung dalam pupuk sebenarnya tergantung dari si pemakainya. Bila pemakai nya menggunakan secara baik, tepat dan benar tentu saja tidak berbahaya. Dan sebaliknya, penggunaan dosis yang berlebihan tanpa pertimbangan disertai aplikasi yang tidak memberikan perlindungan telah memperpanjang sisi negatif pupuk itu sendiri.

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pupuk

Tidak sedikit kasus yang terjadi pada petani seperti sesak nafas, gangguan pencernaan, keracunan dan berbagai kasus lainnya.

Disadari atau tidak, pengetahuan yang minim dari pemakai pupuk yang mengandung amonia (NH3 +) dalam hal ini para petani secara langsung maupun tidak membuat aplikasi pupuk amonia menjadi membahayakan dan memberikan efek samping bagi penggunanya. Padahal bila kita melakukan aplikasi sesuai prosedur menurut dosis, takaran dan petunjuk, maka kasus-kasus tersebut dapat diminimalisir.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan pupuk adalah:
  1. Kenali sifat bahan kimia yang terkandung di dalam pupuk tersebut
  2. Tingkat kadar racun pada setiap pupuk berbeda dari yang paling rendah hingga paling tinggi. Tinggi rendahnya racun bisa dilihat dari etiket yang tertera di label kemasan pupuk.
  3. Sebagai bahan kimia, racun tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui 3 cara yaitu melalui kulit, mulut dan paru-paru. Untuk itulah setiap pengguna pestisida wajib menggunakan topeng muka, masker hidung, sarung tangan, celemek dan sepatu boot karet agar pestisida tersebut tidak masuk ke tubuh kita.
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pupuk 4.5 5 Rinoto Rin Sunday, October 25, 2015 Saraswati Update - 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pupuk - Penggunaan pupuk pada tanah pertanian dimulai bersamaan denga...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar