12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia

 on Wednesday, September 4, 2013  

12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia - Madu adalah benda cair yang biasanya diambil dari sarang lebah. Madu adalah cairan kental yang berwarna kuniang keemasan dan memiliki rasa yang manis. Madu dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya yang diambil dari nektar bunga. Rasa manis madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa. Kandungan air di dalam madu sangat sedikit, sehingga mikroorganisme tidak dapat berkembangbiak dengan baik dan oleh sebab itu, madu bisa tahan lama meski hanya disimpan dalam botol.

Madu sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak jaman dahulu untuk berbagai keperluan, seperti untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa, untuk kesehatan, dan untuk kecantikan. Dalam bidang kesehatan, madu bermanfaat untuk:

Mengurangi resiko kangker
Kandungan flavonoid dalam madu dapat mengurangi resiko timbulnya kangker

Mengurangi resiko serangan Jantung
Madu mengandung terdapat flavonoid yang merupakan salah satu jenis senyawa antioksidan yang membantu mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung.
12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia

Mencegah Gangguan Pencernaan
Kandungan serat di dalam madu dapat membantu mengurangi gangguan penceranaan dan susah buang air besar.

Sebagai Anti-bakteri dan Anti Jamur
Kandungan hidrogen peroksida yang diproduksi oleh lebah memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri dan jamur.
12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia

Menambah Kekuatan dan Daya Tahan Tubuh
Dengan mengkonsumsi madu secara teratur, maka kesehatan, kekuatan, dan daya tahan tubuh meningkat.

Mengobati Batuk
Madu sangat baik digunakan sebagai pereda batuk.

Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka
Penelitian membuktikan bahwa madu terbukti dapat mengobati luka dan juga mengandung anti-bakteri.

Untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan
Kandungan Probiotik yang merupakan bakteri baik yang diperlukan tubuh dapat menjaga kesehatan untuk melawan bakteri jahat.

Merawat dan Mempercantik Kulit
Anti-bakteri yang terdapat pada madu sangat berguna untuk kulit, dengan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, manfaat madu dapat melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Memperkuat Sel Darah Putih
Sel darah putih berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi dan sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, dengan mengkonsumsi madu secara teratur, maka dapat memperkuat sel darah putih.

Menstabilkan Tekanan Darah
Madu dapat membantu menstabilkan tekanan darah pada manusia, sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Mengobati anemia
Anemia adalah penyakit kekurangan darah yaitu suatu keadaan, di mana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah kondisi normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang mengangkut oksigen dari paru-paru, dan menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh, dengan mengkonsumsi madu secara teratur, maka dapat meningkatkan sel darah merah atau yang pada istilah kedokterannya hemoglobin dalam darah.

Demikian 12 manfaat madu bagi kesehatan manusia, namun satu catatan penting, bahwa untuk mendapatkan madu murni sangatlah tidak gampang, karena madu yang dijual secara umum di pasaran biasanya telah dicampur dengan bahan lain. Untuk memastikan bahwa madu itu murni adalah dengan mengambil sendiri dari sarangnya.

Demikian 12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia, semoga bermanfaat.
12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia 4.5 5 Unknown Wednesday, September 4, 2013 12 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia - Madu adalah benda cair yang biasanya diambil dari sarang lebah. Madu adalah cairan kental yang b...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar