3 Fungsi Tanah yang Utama dalam Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

 on Saturday, October 4, 2014  

3 Fungsi Tanah yang Utama dalam Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman - Tanah merupakan komponen hidup dari lingkungan yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanahlah yang menentukan penampilan tanaman. Kondisi kesuburan tanah yang relatif rendah akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tanaman dan akhirnya akan mempengaruhi hasil.

Pengaruh keadaan tanah dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Keadaan fisik tanah, yang ditentukan oleh struktur dan tekstur tanah, karenanya pengaruhnya terhadap aerasi dan drainase tanah.
  2. Keadaan kimia tanah yang ditentukan oleh kandungan zat hara di dalam tanah.
  3. Keadaan biologi tanah yang ditentukan oleh kandungan mikro/makro flora dan fauna tanah yang bertindak sebagai resiklus hara dalam tanah (dekomposisi).
Data kesuburan kimia, fisika dan biologi suatu lahan merupakan data awal yang harus diketahui sebelum melakukan budidaya tanaman.

Pengelolaan lingkungan menimbulkan beberapa persoalan pada erosi tanah, pergantian iklim, pola drainase dan pergantian dalam komponen biotik pada ekosistem.

3 Fungsi Tanah yang Utama dalam Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Pada tahun 1977 State of World Environment Report (UNEP), memperingatkan bahwa, tanah yang dapat ditanami terbatas, hanya ± 11% permukaan bumi dapat diusahakan untuk pertanian. Secara total 1.240 juta ha untuk populasi 4.000 juta (rata-rata 0,31 ha/orang). Area ini pada tahun 2.000 akan tereduksi sampai hanya tinggal 940 juta ha dengan populasi penduduk dunia 6.250 juta. Sehingga perbandingan lahan/orang tinggal 0,15 ha saja. Ini merupakan suatu peringatan dan memerlukan perhatian segera.

Pengaruh zat hara pada pertumbuhan tanaman digambarkan oleh Liebig dengan hukum minimumnya yang berbunyi “pertumbuhan atau hasil optimum ditentukan oleh faktor atau hara yang berada pada keadaan minimum".

Dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman terdapat 3 fungsi tanah yang utama, yaitu:
  1. Memberikan unsur-unsur mineral, melayaninya baik sebagai medium pertukaran maupun sebagai tempat persediaan.
  2. Memberikan air dan sebagai tempat cadangan air dimuka bumi.
  3. Sebagai tempat berpegang dan bertumpu untuk tegak.
3 Fungsi Tanah yang Utama dalam Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman 4.5 5 Unknown Saturday, October 4, 2014 3 Fungsi Tanah yang Utama dalam Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman - Tanah merupakan komponen hidup dari lingkungan yang penti...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar