Cara Budidaya Kacang Tanah di Pekarangan Halaman Rumah dengan Polybag

 on Saturday, October 4, 2014  

Cara Budidaya Kacang Tanah di Pekarangan Halaman Rumah dengan Polybag - Sama dengan budidaya cabe dalam karung, kacang tanah juga bisa dibudidayakan menggunakan karung bekas atau polybag. Hal ini sebagai salah satu alternatif sempitnya lahan perkebunan. Mungkin di pedesaan tidak begitu penting, mengingat di pedesaan lahan pertanian masih sangat luas. Namun di beberapa daerah yang lahan pertaniannya sempit, hal ini akan menjadi solusi.

Tujuan utama budidaya kacang panjang dalam karung atau polybag di sini adalah dalam upaya untuk memanfaatkan lahan pekarangan atau halaman rumah kita yang dibiarkan kosong atau paling ditanami bunga saja.

Dengan sedikit kreatifitas dan ketekunan, maka halaman rumah bisa kita sulap sebagai penghasil sayuran dan tanaman warung hidup lainnya, yang salah satunya adalah kacang panjang.

Pemerintah juga telah mencanangkan sebuah program yang berbasis lingkungan, yaitu Program Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Warung Hidup atau Apotik Hidup.

Cara Budidaya Kacang Tanah di Pekarangan Halaman Rumah dengan Polybag

Usaha pemerintah ini didasarkan atas beberapa hal, yang salah satunya adalah untuk mengatasi mahalnya harga sayuran di pasaran di daerah perkotaan, apalagi pada hari-hari tertentu, seperti hari raya.

Dengan pemanfaatan pekarangan halaman rumah untuk budidaya kacang panjang dalam karung atau polybag, setidaknya dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga akan sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Cara budidaya kacang panjang dalam polybag sangatlah mudah, yaitu:
  1. Sediakan tanah pekarangan
  2. Tambahkan pupuk kandang yang telah menjadi tanah (jangan pupuk kandang yang masih baru)
  3. Jika terpaksa menggunakan pupuk kandang yang masih baru, maka harus dilakukan pengomposan terlebih dahulu.
  4. Campurkan tanah pekarangan dangan pupuk kandang, aduk dengan cangkul hingga rata.
  5. Perbandingan pupuk kandang dengan tanah adalah 1 banding 1.
  6. Setelah campuran siap, masukkan ke dalam polybag setengah tinggi polybag, dengan maksud, setelah 15 hingga 30 hari kita tambahkan lagi media tersebut untuk menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.
  7. Setelah media siap, tanam bibit kacang panjang yang telah di semai atau bisa saja langsung bijinya yang kita tanam.
  8. Langkah selanjutnya adalah perawatan dengan melakukan penyiraman secukupnya.
  9. Jika tanaman sudah mulai tumbuh, berikan bilah bambu sebagai penopang.
Demikian Cara Budidaya Kacang Tanah di Pekarangan Halaman Rumah dengan Polybag, selamat mencoba semoga sukses.
Cara Budidaya Kacang Tanah di Pekarangan Halaman Rumah dengan Polybag 4.5 5 Unknown Saturday, October 4, 2014 Cara Budidaya Kacang Tanah di Pekarangan Halaman Rumah dengan Polybag - Sama dengan budidaya cabe dalam karung, kacang tanah juga bisa di...


1 comment:

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar