Mengapa Besarnya Curah Hujan Sangat Berpengaruh pada Pertumbuhan Tanaman

 on Friday, October 3, 2014  

Mengapa Besarnya Curah Hujan Sangat Berpengaruh pada Pertumbuhan Tanaman - Curah hujan dapat dinyatakan dalam:
  1. mm per tahun yang menyatakan tingginya air hujan yang jatuh tiap tahun.
  2. banyaknya hari hujan per tahunnya yang menyatakan distribusi atau meratanya hujan dalam setahun.
Besarnya curah hujan mempengaruhi kadar air tanah, aerasi tanah, kelembaban udara dan secara tidak langsung juga menentukan jenis tanah sebagai tempat media tumbuh tanaman. Oleh karenanya curah hujan sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman.

Tinggi dari permukaan laut juga mempengaruhi curah hujan yang berdampak pula pada pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Ketinggian tempat menentukan suhu udara, intensitas cahaya matahari dan mempengaruhi curah hujan, yang pada gilirannya mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Perbedaan ketinggian tempat dari permukaan laut menyebabkan perbedaan suhu lingkungan. Setiap kenaikan 100 meter dari permukaan laut, suhu akan turun sekitar 0,50C.

Kondisi ini tentunnya akan mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup pada ketinggian tertentu. Misalnya kita menemukan banyak tanaman kelapa (Cocos nuciferae) pada daerah pantai, kemudian enau (Arenga pinata) hidup di pegunungan basah, rotan pada daerah hutan hujan tropis, dan banyak contoh lainnya.

Kesimpulannya adalah bahwa masing-masing tempat hidup organisme (habitat) mempunyai persyaratan khusus.
Mengapa Besarnya Curah Hujan Sangat Berpengaruh pada Pertumbuhan Tanaman 4.5 5 Unknown Friday, October 3, 2014 Mengapa Besarnya Curah Hujan Sangat Berpengaruh pada Pertumbuhan Tanaman - Curah hujan dapat dinyatakan dalam: mm per tahun yang menyata...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar