5 Cara Mengukur Pertumbuhan Tanaman

 on Monday, November 3, 2014  

5 Cara Mengukur Pertumbuhan Tanaman - Pertumbuhan tanaman didefinisikan sebagai peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup berupa perubahan ukuran yang bersifat irreversible (tidak berubah kembali ke asal atau tidak dapat balik).

Sedangkan perkembangan adalah proses pencapaian kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna pada makhluk hidup.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dapat dibagi atas dua yaitu lingkungan dan genetik.

Produksi suatu tanaman ditentukan oleh kegiatan yang berlangsung dalam sel dan jaringan tanaman. Penumpukan bahan kering adalah penumpukan fotosintat pada sel dan jaringan.

Faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dibagi atas 2 kelompok, yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Lingkungan abiotik terdiri dari curah hujan, tinggi dari permukaan laut, suhu, cahaya matahari, hara tanaman, dan hormon tumbuhan.

Pertumbuhan tanaman dapat diukur dengan berbagai cara antara lain:
  1. Pertumbuhan panjang ranting.
  2. Pertambahan luas daun. Daun berasal dari promeristen titik tumbuh batang. Premordia daun merupakan tonjolan pertama yang membulat atau persegi pada sisi promeristem. Tonjolan tersebut diawali oleh pembelahan secara antiklinal dan periklinal pada lapisan luar dari apikal meristem. Helai daun berkembang menurut pola tertentu.
  3. Pertambahan diameter dahan atau batang.
  4. Pertambahan volume terutama pada buah.
  5. Pertambahan bobot segar dan kering.
5 Cara Mengukur Pertumbuhan Tanaman 4.5 5 Unknown Monday, November 3, 2014 5 Cara Mengukur Pertumbuhan Tanaman - Pertumbuhan tanaman didefinisikan sebagai peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hid...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar