Fungsi Hasil Fotosintesis dan Penyimpanan Cadangan Makanan pada Tanaman

 on Monday, November 10, 2014  

Saraswati Update - Fungsi Hasil Fotosintesis dan Penyimpanan Cadangan Makanan pada Tanaman - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya.

Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi. Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.

Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi. Cara lain yang ditempuh organisme untuk mengasimilasi karbon adalah melalui kemosintesis, yang dilakukan oleh sejumlah bakteri belerang.

Hasil fotosintesis berupa glukosa dan oksigen

Penggunaan dan Penyimpanan hasil fotosintesis - Hasil fotosintesis dapat digunakan tanaman untuk beberapa pemeliharaan, perbaikan bagian-bagian yang rusak, sebagai bahan dasar pembentukan senyawa-senyawa bermanfaat lainnya, bahan baku untuk pembakaran, pertumbuhan/perkembangan serta aktivitas tubuh lainnya, dan disimpan dalam bentuk cadangan makanan.

Baca juga:
6 Faktor yang Menentukan Laju Fotosintesis

Penyimpanan cadangan makanan tanaman dapat dalam bentuk:
  1. Buah, misalnya mangga, pepaya, rambutan, duku, dan sebagainya
  2. Biji, misalnya gandum, padi, jagung dan sebagainya
  3. Batang, misalnya tebu
  4. Umbi, yang dapat dibagi atas umbi akar (singkong dan bunga dahlia), batang (kentang) dan lapis (bawang).
Fungsi Hasil Fotosintesis dan Penyimpanan Cadangan Makanan pada Tanaman 4.5 5 Unknown Monday, November 10, 2014 Saraswati Update - Fungsi Hasil Fotosintesis dan Penyimpanan Cadangan Makanan pada Tanaman - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yan...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar