Proses Terjadinya Fotosintesis pada Alga dan Bakteri

 on Saturday, November 8, 2014  

Saraswati Update - Proses Terjadinya Fotosintesis pada Alga dan Bakteri - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Selain tumbuhan berklorofil, makhluk hidup non-klorofil lain yang berfotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri. Organisme ini berfotosintesis dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari

Alga terdiri dari alga multiseluler seperti ganggang hingga alga mikroskopik yang hanya terdiri dari satu sel. Meskipun alga tidak memiliki struktur sekompleks tumbuhan darat, fotosintesis pada keduanya terjadi dengan cara yang sama.

Hanya saja karena alga memiliki berbagai jenis pigmen dalam kloroplasnya, maka panjang gelombang cahaya yang diserapnya pun lebih bervariasi. Semua alga menghasilkan oksigen dan kebanyakan bersifat autotrof.

Baca juga:
2 Bagian Utama Rangkaian Reaksi Fotosintesis

Hanya sebagian kecil saja yang bersifat heterotrof yang berarti bergantung pada materi yang dihasilkan oleh organisme lain. Ada sejumlah bakteri yang melakukan fotosintesis contohnya Rhodobacter sphaeroides. Bakteri berfotosintesis menggunakan klorosom.

Klorosom adalah struktur yang berada tepat dibawah membran plasma dan mengandung pigmen klorofil dan pigmen lainnya untuk proses fotosintesis. Klorosom hanya terdapat pada bakteri yang melakukan fotosintesis.
Proses Terjadinya Fotosintesis pada Alga dan Bakteri 4.5 5 Unknown Saturday, November 8, 2014 Saraswati Update - Proses Terjadinya Fotosintesis pada Alga dan Bakteri - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makana...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar