6 Faktor yang Menentukan Laju Fotosintesis

 on Sunday, November 9, 2014  

Saraswati Update - 6 Faktor yang Menentukan Laju Fotosintesis - Fotosintesis berasal dari kata fot yang artinya cahayadan synthesis yang artinya menggabungkan atau penggabungan. Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Faktor-faktor yang menentukan laju fotosintesis. Secara umum, semua sel yang memiliki kloroplas berpotensi untuk dapat melangsungkan reaksi fotositesis.

Berikut adalah beberapa faktor utama yang menentukan laju fotosintesis:

1. Intensitas cahaya

Laju fotosintesis akan meningkat sampai tingkat kompensasi cahaya, yaitu tingkat cahaya pada saat pengambilan CO2 sama dengan pengeluaran CO2 (laju pertukaran karbón=0). Apabila tingkat cahaya terus meningkat, akan berkuranglah kenaikan laju penyerapan CO2 untuk setiap hasil fotosintesis.

2. Konsentrasi karbondioksida

Semakin banyak karbondioksida di udara, maka semakin banyak juga jumlah bahan yang dapat digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis.

3. Suhu

Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimalnya. Umumnya laju fotosintensis meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga batas toleransi enzim.

4. Kadar air

Kekurangan air atau cekaman kekeringan menyebabkan stomata tertutup, menghambat masuknya karbondioksida sehingga dapat mengurangi laju fotosintesis.

5. Kadar fotosintat

Jika kadar fotosintat seperti karbohidrat berkurang, laju fotosintesis akan naik. Bila kadar fotosintat bertambah atau bahkan sampai jenuh, laju fotosintesis akan berkurang.

Baca juga:
Proses Terjadinya Fotosintesis pada Alga dan Bakteri

6. Tahap pertumbuhan

Penelitian menunjukkan bahwa laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang sedang berkecambah ketimbang tumbuhan dewasa. Hal ini mungkin dikarenakan tumbuhan berkecambah memerlukan lebih banyak energi dan makanan untuk tumbuh.
6 Faktor yang Menentukan Laju Fotosintesis 4.5 5 Unknown Sunday, November 9, 2014 Saraswati Update - 6 Faktor yang Menentukan Laju Fotosintesis - Fotosintesis berasal dari kata fot yang artinya cahayadan synthesis yang a...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar