Apa Sebenarnya Pengertian Fotosintesis pada Tanaman itu?

 on Monday, November 3, 2014  

Apa Sebenarnya Pengertian Fotosintesis pada Tanaman itu? - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya.

Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi.

Fosintesis berasal dari kata foton artinya cahaya, dan síntesis yang berarti penyusunan. Berdasarkan arti dari dua kata tersebut diatas maka fotosintesis adalah peristiwa penyusunan zat organik (gula) dari zat anorganik (air, karbondioksida), dengan pertolongan energi cahaya.

Karena bahan baku yang digunakan adalah zat carbon maka fotosintesis dapat disebut juga asimilasi zat karbon. Fotosintesis berperan dalam menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.

Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof.

Apa Sebenarnya Pengertian Fotosintesis pada Tanaman itu?
 
Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi. Bahan baku untuk proses fotosintesis adalah karbondioksida dan air. karbondioksida diambi tanaman melalui mulut daun (stomata), sedangkan air diambil tanaman dari dalam tanah melalui akar tanaman. Cara lain yang ditempuh organisme untuk mengasimilasi karbon adalah melalui kemosintesis, yang dilakukan oleh sejumlah bakteri belerang.

Relevansi dari fotosintesis pada tanaman adalah pertumbuhan perkembangan, penyimpanan dan alokasi asimilat. Perubahan pada proses ini akan merubah laju fotosintesis itu sendiri dan berakibat juga pada seluruh proses fisiologi tanaman. Misalnya cahaya mempengaruhi fotosíntesis dan juga memberikan efek fotomorfogenetik pada tanaman.
Apa Sebenarnya Pengertian Fotosintesis pada Tanaman itu? 4.5 5 Unknown Monday, November 3, 2014 Apa Sebenarnya Pengertian Fotosintesis pada Tanaman itu? - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan be...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar