Apakah yang Dimaksud Dengan Respirasi Tumbuhan itu?

 on Tuesday, November 4, 2014  

Apakah yang Dimaksud Dengan Respirasi Tumbuhan itu? - Respirasi dalam biologi adalah proses mobilisasi energi yang dilakukan jasad hidup melalui pemecahan senyawa berenergi tinggi (SET) untuk digunakan dalam menjalankan fungsi hidup.

Respirasi secara sederhana merupakan proses perombakan senyawa organik menjadi senyawa anorganik dan menghasilkan energi. Respirasi dibagi atas dua yaitu respirasi aerob dan anaerob.

Respirasi aerob adalah suatu proses metabolisme tanaman dengan menggunakan oksigen. Reaksi proses ini dapat dituliskan melalui persamaan reaksi sebagai berikut:

Apakah yang Dimaksud Dengan Respirasi Tumbuhan itu?

Respirasi anaerobik adalah reaksi pemecahan karbohidrat untuk mendapatkan energi tanpa menggunakan oksigen. Proses respirasi ini mengambil dan menggunakan senyawa asam fenol piruvat atau asetaldehid misalnya sebagai pengikat hidrogen dan membentuk asam laktat atau alkohol.

Respirasi anaerobik dapat terjadi pada:
  1. Jaringan yang kekurangan oksigen misalnya akar tanaman yang terendam air.
  2. Biji yang berkulit tebal dan sulit untuk ditembus oksigen
Pada respirasi anaerob ini bahan baku (gula) tidak terurai lengkap menjadi air dan karbondioksida, maka energi yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan respirasi aerobik.

Secara sederhana reaksi pada respirasi anaerobik dalah sebagai berikut:

Apakah yang Dimaksud Dengan Respirasi Tumbuhan itu?

Dalam pengertian kegiatan kehidupan sehari-hari, respirasi dapat disamakan dengan pernapasan. Namun, istilah respirasi mencakup proses-proses yang juga tidak tercakup pada istilah pernapasan. Respirasi terjadi pada semua tingkatan organisme hidup, mulai dari individu hingga satuan terkecil, sel. Apabila pernapasan biasanya diasosiasikan dengan penggunaan oksigen sebagai senyawa pemecah, respirasi tidak melulu melibatkan oksigen.

Pada dasarnya, respirasi adalah proses oksidasi yang dialami SET sebagai unit penyimpan energi kimia pada organisme hidup. SET, seperti molekul gula atau asam-asam lemak, dapat dipecah dengan bantuan enzim dan beberapa molekul sederhana. Karena proses ini adalah reaksi eksoterm (melepaskan energi), energi yang dilepas ditangkap oleh ADP atau NADP membentuk ATP atau NADPH. Pada gilirannya, berbagai reaksi biokimia endotermik (memerlukan energi) dipasok kebutuhan energinya dari kedua kelompok senyawa terakhir ini.
Apakah yang Dimaksud Dengan Respirasi Tumbuhan itu? 4.5 5 Unknown Tuesday, November 4, 2014 Apakah yang Dimaksud Dengan Respirasi Tumbuhan itu? - Respirasi dalam biologi adalah proses mobilisasi energi yang dilakukan jasad hidup ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar