6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

 on Sunday, May 18, 2014  

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang - Kota Madya Semarang adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas 364,81 km2 yang terdiri dari 9 kecamatan dan mencakup 177 Kelurahan, dengan batas-batas wilayah di sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Kabupaten Demak, sebelah selatan Kabupaten Semarang, dan sebelah darat Kabupaten Kendal. Dari topografinya, Semarang terdiri dari 2 bagian, yaitu dataran rendah sebagai kota bawah dan daerah perbukitan sebagai kota atas.

Kota Semarang memiliki banyak sekali obyek wisata alam, 6 obyek wisata alam terindah di Semarang adalah sebagai berikut:

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang
  1. Marina Bay
  2. Taman Rekreasi Tanjung Mas
  3. Kebun Binatang Tinjomoyo
  4. Gua Kreo
  5. Tirto Unggul
  6. Kawasan Wisata Agro
Marina Bay

Taman Rekreasi Marina atau Marina Bay merupakan suatu obyek wisata bahari yang berada di teluk Semarang, tepatnya di sebelah utara PRPP Tawangmas, termasuk kelurahan Tawangsari Kecamatan Semarang Barat.

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

Luas areal yang sudah dikembangkan 6 hektar dari rencana keseluruhan 100 hektar. Marina Bay adalah taman wisata yang unik dan menarik karena lokasinya di tepi pantai sehingga para wisatawan dapat menikmati indahnya panorama sunrise dan sunset. Pemandangan ombak yang menggelitik dan perahu nelayan yang hilir mudik menambah keasikan berwisata di tempat ini.


Taman Rekreasi Tanjung Mas

Tanjung Mas adalah obyek wisata pantai yang memiliki keistimewaan dan keunikan yang sangat menarik untuk dikunjungi.  Tanjung Mas terletak di jalan lingkar atau Ring Road Tanjung Mas di pantai utara Pulau Jawa dekat dengan pelabuhan Samudra Tanjung Mas. Di sepanjang pantai terdapat taman yang ditumbuhi bermacam-macam pepohonan yang asri dan menambah kesejukan.


6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

Semarang memiliki pelabuhan besar yang terkenal sejak jaman penjajahan Belanda yaitu Tanjung Mas, dan banyak kapal besar merapat. Sebagai tempat rekreasi pelabuhan yang terletak di jalan Yos Sudarso arteri Semarang ini memiliki fasilitas : perahu sewa, kolam pancing, danau buatan, arena grass track, jogging track.

Kebun Binatang Tinjomoyo

Kebun Binatang Tinjomoyo adalah salah satu dari 6 obyek wisata alam yang merupakan perpaduan bukit, sungai, dan hutan yang didominasi vegetasi jati dan pinus. Kebun Binatang Tinjomoyo adalah kawasan hutan wisata alam. Menurut pengakuan Mulyono, staf UPTD Hutan Wisata Tinjomoyo, kini lahan seluas seluas 57,5 hektare itu sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai area combat game, camping ground, outing activity, birds watcing, outbond dan flying fox. Hal ini didukung dengan ketersedian lahan datar yang cukup luas dengan sungai di salah satu sisi yang sangat cocok untuk kegiatan susur sungai.

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

Dulunya sebelum tahun 2006, Taman wisata Tinjomoyo lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kebun binatang yang mana didalamnya terdapat beraneka ragam jenis binatang yang hidup di tengah hutan wisata. Diakibatkan adanya banjir besar kali Garang yang memutuskan jembatan besar yang menjadi penghubung pintu masuk dengan kawasan hutan membuat akses pariwisata menjadi kurang memadai. Kontur tanah sekitarnya pun menjadi labil dan rawan longsor. Atas pertimbangan itu lah pada akhirnya Pemkot Semarang memindahkan kebun binatang ke kawasan baru di daerah Mangkang. Kawasan Hutan wisata Tinjomoyo ini terletak di  bagian selatan Kota Semarang kurang lebih 7 KM dari Tugumuda, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Lebih tepatnya didepan kampus Unika Soegijapranata Semarang. Hutan wisata Tinjomoyo dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik dari arah Sampangan maupun Jatingaleh.  Dan  kawasan wisata Tinjomoyo setiap hari dibuka untuk umum mulai jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB.

Gua Kreo

Gua Kreo adalah salah satu dari 6 obyek wisata alam yang terdapat di Kota Semarang. Gua Kreo merupakan Gua yang terbentuk oleh alam, bukan hasil buatan oleh manusia. Obyek wisata Goa Kreo memiliki luas areal 135 hektar dan 15 hektar telah dikembangkan. Obyek Wisata Goa Kreo terletak di dukuh Talunkacang Kecamatan Gunung Pati kurang lebih 13 km dari pusat kota Semarang. Goa ini dihuni oleh sekitar 200 kera jinak yang memberikan tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

Gua ini pernah digunakan Sunan Kalijaga untuk bertapa. Disini terdapat banyak Monyet ekor panjang juga terdapat tiga monyet gaib anak buah dari Sunan Kalijaga untuk menjaga hutan tersebut. Obyek wisata Goa Kreo menawarkan fasilitas wisata bagi para pengunjung, di antaranya goa, air terjun, gazebo, monyet ekor panjang, panggung hiburan, dan rumah makan khas Semarang.


Tirto Unggul

Obyek wisata Tirto Unggul terletak di Desa Karangmalang Kecamatan Mijen sekitar 18 km dari pusat kota Semarang. Obyek wisata Tirto Unggul menawarkan perpaduan antara alam pedesaan dengan fasilitas perkotaan. Suasana pedesaan yang masih alami dan asri menambah daya tarik wisatawan untuk menghirup udara segar sambil melepas lelah.

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

Obyek wisata Tirto Unggul dilengkapi dengan kolam renang Ngaliyan Tirto Indah, taman bermain anak, tempat pemancingan, warung-warung desa, beragam tanaman hydroponic, dan taman bunga. Daya tarik unik yang ditawarkan adalah tempat pemijahan lele dumbo dan pabrik pakan ikannya.

Kawasan Wisata Agro

Kawasan Wisata Agro adalah obyek wisata alam yang terletak di Desa Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen sekitar 20 km dari pusat kota Semarang ke arah selatan. Luas Kawasan Wisata Agro adalah 350 hektar dengan batas wilayah sebelah timur Kecamatan Gunungpati, sebelah selatan Kelurahan Polaman, sebelah barat Kelurahan Tambangan, dan sebelah utara Kelurahan Jatibarang.

6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang

Kawasan Wisata Agro Semarang terdiri atas beberapa fasilitas yang menarik dan alami, di antaranya pertanian, perkebunan, peternakan, peternakan, hutan wisata, pondok wisata, rumah makan, taman bermain anak, kolam renang, arena pameran dan lomba flora dan fauna.

Demikian 6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang, semoga bermanfaat.
 
6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang 4.5 5 Unknown Sunday, May 18, 2014 6 Obyek Wisata Alam Terindah di Semarang - Kota Madya Semarang adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas 364,81 km2 yang te...


1 comment:

  1. thanks infonya gan...tolong mampir juga dong di blogspot ane thanks :)
    www.tetamanan.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar