Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi

 on Thursday, February 13, 2014  

Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi - Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam hidup kita, karena tanpa kesehatan, kita tidak akan bisa menikmati hidup. Usaha kesehatan pribadi (personal hygiene) adalah segala usaha dan tindakan seseorang untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri dalam batas-batas kemampuannya, agar mendapatkan kesenangan hidup dan mempunyai tenaga kerja yang sebaik-baiknya.

Berikut ini beberapa upaya untuk menjaga dan memeliharan kesehatan, terutama kesehatan pribadi:

1 . Memelihara Kebersihan Diri
Kebersihan diri meliputi kebersihan seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang dikenakan. Untuk menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan:

Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
  • mandi dua kali sehari
  • menggosok gigi ketika hendak tidur dan pagi hari setelah bangun tidur
  • memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian yang dikenakan.
2 . Memilih Makanan yang Sehat

Perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung
nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain memberi asupan vitamin dan mineral, serat yang ada pada kedua bahan makanan tersebut berguna untuk mengikat zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, misalnya lemak yang berlebihan.

Di sisi lain, pemilihan makanan yang tidak sehat berakibat langsung pada kelebihan berat badan, kegemukan, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu, secara tidak langsung memengaruhi masalah lain seperti depresi dan ketidaknyamanan sosial dan ekonomi. Di sinilah pentingnya makanan sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang seimbang serta bersih dan tidak mengandung kuman-kuman penyakit. Dengan mengonsumsi makanan sehat berarti satu tahap menjaga kesehatan badan telah dilakukan.

Zat-zat gizi yang terdapat pada makanan memiliki fungsi yang berbeda bagi tubuh, yaitu sebagai sumber tenaga (lemak, protein, dan hidrat arang), sebagai pembangun (protein, mineral), dan sebagai
pengatur (protein, vitamin, mineral, dan air).

Konsumsi zat-zat gizi tersebut harus dalam jumlah yang seimbang, artinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Kekurangan zat gizi menyebabkan tubuh lebih mudah terserang penyakit dan memengaruhi kesehatan jasmani dan mental yang bersangkutan. Sementara itu, kelebihan zat gizi juga tidak baik bagi kesehatan karena menyebabkan penimbunan dalam jaringan-jaringan tubuh.

Dalam mengonsumsi makanan, kurangi makanan instan atau cepat saji. Pada makanan instan ada zat pengawet yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan membahayakan kesehatan dan menurunkan kualitas kesehatan seseorang.

3 . Istirahat dan Tidur
Dalam hal ini dibedakan antara istirahat dan tidur. Tidur termasuk istirahat, tetapi istirahat belum tentu sama dengan tidur. Beristirahat artinya berhenti sebentar untuk melepaskan lelah, sedangkan
tidur artinya mengistirahatkan badan dan kesadarannya.

Istirahat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya tidur-tiduran, ngobrol dengan teman, menonton televisi, mendengarkan radio, atau membaca buku bacaan. Beristirahat dapat melepaskan lelah serta mengembalikan kesegaran dan kekuatan. Sebaliknya, jika kita kurang istirahat dapat menyebabkan sulit tidur, kelelahan, mudah terserang penyakit, dan gangguan metabolisme tubuh.

4 . OLahraga/Latihan Fisik secara Teratur

Latihan fisik memang tidak dapat menyembuhkan segala macam penyakit, namun manfaat latihan fisik yang teratur merupakan bentuk upaya pencegahan terhadap penyakit yang murah dan menyenangkan. Namun, perlu dipahami ada yang lebih penting daripada sekadar mencegah penyakit. Aktivitas fisik yang teratur dapat menyebabkan perbaikan kebugaran jasmani, yaitu kemampuan badan akan berfungsi pada efisiensi yang optimal dalam melakukan tugas sehari-hari.

Berikut ini manfaat berolahraga:
  • Otot-otot menjadi kuat dan kekuatannya akan bertambah.
  • Lebih tahan terhadap stres, baik fisik maupun psikologis.
  • Tekanan darah stabil, tidak mudah mengalami sakit pada pinggang.
  • Kapasitas kerja fisik akan berkembang.
  • Risiko terserang penyakit berkurang.
5 . Perbanyak Konsumsi Air Putih
Air putih dapat memberi asupan mineral yang diperlukan tubuh dan mencegah tubuh dari dehidrasi. Jadi, minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

6 . Menghindari Terjadinya Penyakit
Berikut ini cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit:
  • Membiasakan diri dengan menjalankan aturan kesehatan.
  • Menghindari kontak dengan sumber penularan penyakit.
7. Meningkatkan Taraf Kecerdasan dan Rohani
Untuk meningkatkan taraf kecerdasan dan rohani, seseorang dapat melakukan langkah berikut ini.
  • Mematuhi dan menjalankan aturan agama.
  • Meningkatkan pengetahuan dengan membaca.
8. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan (check up) sebaiknya dilakukan secara periodik untuk mengetahui kondisi badan dalam jangka waktu tertentu. Jika dari check up ditemukan adanya gangguan kesehatan, maka dapat dilakukan tindakan pencegahan dini, seperti vaksinasi atau teknik pencegahan lainnya. Perlu diingat bahwa pencegahan lebih murah daripada perawatan.

9 . Melakukan Kebiasaan Sehat Lainnya

Kebiasaan hidup sehat yang dilakukan untuk menjaga kualitas kesehatan meliputi hal-hal berikut ini:
  • Jauhi narkoba.
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
Demikian Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi, semoga bermanfaat.

Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi 4.5 5 Unknown Thursday, February 13, 2014 Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi - Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam hidup kita, karena tanpa kesehatan, kita ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar