Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga

 on Thursday, February 13, 2014  

Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga - Pola Hidup Sehat harus ditanamkan dalam setiap keluarga, karena segalanya berawal dari keluarga yang akan dibawa ke masyarakat. Kebiasaan hidup yang kita lakukan sehari-hari adalah hasil dari kebiasaan keluarga.

Menurut undang-undang Kesehatan Republik Indonesia UU No. 9 Tahun 1960 tentang Pokok-pokok Kesehatan Bab 1 pasal 2, sehat adalah keadaan yang meliputi kesehatan badan, mental (rohani), dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat, serta kelemahan. Selain batasan tersebut, sehat juga dibedakan secara fisiologi dan secara anatomis.
  1. Sehat secara fisiologi, apabila organ-organ di dalam tubuh berfungsi secara normal dan baik, misalnya jantung, paru-paru, ginjal, dan sistem peredaran darah.
  2. Sehat secara anatomis, apabila anggota tubuh lengkap, misalnya memiliki kedua lengan, jari-jari tangan lengkap, anggota tubuh bagian bawah lengkap.
Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga

Kesehatan seseorang dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesehatan seseorang antara lain:
  1. Pendidikan yang cukup untuk menjalankan cara-cara hidup sehat
  2. Kebersihan pribadi dan kesehatan lingkungan
  3. Hidup yang teratur
  4. Perumahan yang sehat dan nyaman
  5. Persediaan air bersih yang cukup untuk keluarga
  6. Pembuangan air limbah dan sampah yang baik
  7. Makanan yang bergizi cukup kualitas dan kuantitas
  8. Vaksinasi
  9. Pemberantasan vektor penyakit
  10. Berolahraga yang teratur dan benar
  11. Menjaga berat badan yang normal.
Sehat adalah sebuah hasil yang memerlukan proses atau usaha. Memahami arti pentingnya kesehatan diri harus dimulai sejak dini, agar hasil itu bisa dirasakan di kemudian hari. Salah satu pelajaran penting yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anaknya adalah mengajari anak sejak dini akan arti penting kesehatan.

Gaya hidup orang tua akan berpengaruh besar pada gaya hidup yang akan diterapkan anak di sepanjang hidup mereka. Jika orang tua menerapkan pola hidup sehat, anak pun akan terbiasa dan ikut menjalankan pola hidup sehat sehingga tidak rentan dengan serangan penyakit. Anak sehat menjadi cerminan keluarga yang juga sehat.

Orang tua dapat menerapkan pola hidup sehat di tengah-tengah keluarga dengan mengikuti beberapa cara berikut ini:

Orang Tua Harus Menjadi Panutan

Orang tua merupakan panutan anak-anaknya. Perilaku orang tua akan dicontoh oleh anaknya. Anak tidak perlu jauh-jauh mencari sosok yang menerapkan pola hidup sehat, jika di rumah ia bisa menemukannya. Orang tua dapat memberikan contoh seperti mengonsumsi makanan yang layak dan baik untuk dikonsumsi.

Kebiasaan Makan Bersama

Mengalokasikan waktu untuk menikmati makan bersama dengan seluruh anggota keluarga akan dapat menambah kehangatan keluarga. Kebersamaan lewat makan bersama tidak hanya akan membuat tubuh sehat, tetapi juga membangun komunikasi yang lebih akrab selama makan.

Kebiasaan Olahraga

Kegiatan olahraga yang dilakukan bersama keluarga dapat menciptakan kebersamaan. Manfaat yang diperoleh antara lain tubuh menjadi bugar, menumbuhkan jiwa sportif, dan dapat membangun mental yang kuat. 

Demikian Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga, semoga bermanfaat.
 
Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga 4.5 5 Unknown Thursday, February 13, 2014 Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga - Pola Hidup Sehat harus ditanamkan dalam setiap keluarga, karena segalanya berawal dari keluarga ...


3 comments:

  1. Kalau makan biasanya sendiri2 mas maklum terkadang pada nyebar

    ReplyDelete
  2. Sama Jenx Indah, saya juga sering makan di luar klo sedang tugas luar, Jualan keliling maksudnya.

    Padahal kita tahu, bahwa makan bersama keluarga sangat banyak manfaatnya, selain makanannya sudah dijamin sehat, kebersamaan itu lho yang gak bisa dibeli dengan uang sebesar apapun.

    ReplyDelete
  3. tapi kadang kita malesya mas kalau menjalankan pola hidup sehat seperti olahraga karena kesibukan jadi kadang males bnget

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar