Pentingnya Hidup Sehat Bagi Manusia

 on Sunday, February 16, 2014  

Pentingnya Hidup Sehat Bagi Manusia - Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, lakukan pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari. Isilah waktu luang dengan melakukan berbagai aktivitas olahraga, baik olahraga yang bersifat hobi maupun olahraga permainan. Imbangi olahraga dengan pola makan yang sehat, serta perilaku yang sehat.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara mengikuti dan menerapkan pola hidup sehat. Di antara pola hidup sehat itu adalah tidak merokok, tidak minum-minuman keras, tidak melakukan seks bebas, makan makanan bergizi seimbang, berolahraga, memeriksa kesehatan secara berkala, dan menghindari stres.

Untuk berolahraga kita bisa memanfaatkan waktu luang. Waktu luang dapat dimanfaatkan dengan melakukan olahraga. Olahraga yang dapat dilakukan di antaranya jalan sehat, joging, bersepeda, renang, dan beberapa olahraga permainan.

Olahraga yang baik harus dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan kemampuan fisik. Dianjurkan untuk berolahraga 4–5 kali dalam seminggu agar memperoleh hasil yang maksimal. Olahraga yang teratur akan meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

Berolahraga secara teratur dapat memacu kerja jantung, pernapasan, dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakan berolahraga setiap hari dengan melakukan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, senam, fitnes, joging, bersepeda, atau melakukan olahraga penuh seperti permainan badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, dan bola basket.

Selain berolahraga, periksakan kesehatan secara berkala ke dokter. Dengan demikian, jika ada penyakit atau kelainan, dapat terdeteksi lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu, dan tenaga.

Untuk mencapi hidup sehat, kita juga harus menghindari stres. Stres atau frustasi dapat menurunkan kualitas mental dan fisik. Hindari stres dengan cara mendengarkan musik, bermain video game, berolahraga, curhat, atau berjalan-jalan ke objek wisata. Intinya, jalani hidup dengan santai. Jika ada masalah, segera selesaikan agar tidak berlarut-larut sehingga dapat memicu timbulnya stres. Usahakan istirahat yang cukup dan perbanyak berdoa kepada Tuhan.

Demikian Pentingnya Hidup Sehat Bagi Manusia, semoga bermanfaat.
 
Pentingnya Hidup Sehat Bagi Manusia 4.5 5 Unknown Sunday, February 16, 2014 Pentingnya Hidup Sehat Bagi Manusia - Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, lakukan pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar