Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah

 on Saturday, April 25, 2015  

KTT Saraswati - Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah - Media pertumbuhan tanaman yang umum adalah tanah, tanah mengandung mineral kompleks yang berasal dari dekomposisi bahan induk tanah dan bahan organik.

Ada 4 komponen penting dari tanah yaitu:
  1. bahan mineral tanah
  2. bahan organik
  3. air tanah
  4. udara tanah
Kombinasi keempat faktor akan menghasilkan jenis tanah yang berbeda. Komposisi yang paling baik dari tanah adalah dengan perbandingan yang cukup seimbang di antara keempat komponen.

Proses Pembentukan Tanah

Perkembangan pembentukan tanah merupakan proses gabungan antara proses fisika dan kimia serta diikuti aktivitas biologi untuk merombak bahan induk tanah.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah

Faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah adalah:

1. Bahan Induk Tanah

Tanah terbentuk dari peahan-pecahan batuan induk yang berlangsung terus menerus akibat faktor-faktor lingkungan.

Pecahan bahan induk tersebut berlangsung akibat pelapukan dan penghancuran melalui proses fisika, kimia, dan biologi.

Pelapukan kimia meliputi perubahan kimia dari bahan induk melalui berbagai proses oksidasi, hidrolisa, karbonisasi dan sebagainya. Proses biologi berlangsung akibat eksudat-ksudat mikroba tanah dan akar tanaman serta manussia dengan berbagai aktivitasnya.

Kandungan hara yang dikandung tanah tergantung dari bahan induk tanahnya.

2. Iklim

Temperatur dan kelembaban tanah adalah dua faktor utama dalam proses pembentukan tanah.

Kinetika reaksi kimia tanah dipengaruhi oleh temperatur. Perubahan temperatur akan berpengaruh terhadap kandungan kelembaban tanah.

Hubungan suhu dengan kelembaban tanah ini berbanding terbalik, yang artinya semakin tinggi suhu maka kelembaban tanah semakin rendah.

Laju reaksi kimia tanah dapat meningkat sebesar 2 sampai 3 kali lipat jika suhu naik sebesar 100C.

Karena dekomposisi hanya aktif jika tersedia air, maka tanah dengan curah hujan tinggi akan mengalami laju dekomposisi yang cepat juga. Intensitas curah hujan yang tinggi ini juga akan mengakibatkan pencucuian hara yang telah terdekomposisi tadi.

Pada daerah tropis dengan curah hujan dan suhu yang tinggi menjadikan tanah-tanah daerah ini berwarna merah kekuningan sebagai ciri tanah yang banyak mengandung mineral besi oksida.

3. Makhluk Hidup

Aktivitas mikro/makro flora dan fauna tanah mempengaruhi proses pembentukan tanah.

Organisme makro flora dan fauna lebih mempengaruhi proses pembentukan tanah melalui rekasi mekanis, sedang organisme mikro lebih berperan pada peristiwa kimia dan biologi.

Mikro flora dan fauna tanah terjalin menjadi satu sehingga sukar dibedakan penguraian yang dilakukan oleh fauna maupun flora tanah.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah makhluk hidup ini berperan dalam proses pembentukan tanah.

4. Topografi

Pada tanah miring atau tanah yang agak kedap air, sejumlah besar air yang jatuh diatasnya hilang karena aliran permukaan.

Hal ini akan mengakibatkan dua hal yaitu:
  • (1) kehilangan air yang seharusnya masuk ke dalam tanah dan
  • (2) hilangnya tanah akibat aliran air yang terlalu cepat.
Ketidaktersediaan air pada tanah dengan topografi miring ini akan menghambat proses fisis, kimia, dan biologi pembentukan tanah.

5. Waktu

Karena proses pembentukan tanah ini berlangsung lambat, maka dibutuhkan sekitar seratus atau seribu tahun untuk pembentukan tanah dari bahn induknya.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah 4.5 5 Unknown Saturday, April 25, 2015 KTT Saraswati - Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah - Media pertumbuhan tanaman yang umum adalah tanah, tanah mengandung min...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar