Faktor yang Mempengaruhi Membuka dan Menutupnya Stomata

 on Thursday, April 23, 2015  

KTT Saraswati - Faktor yang Mempengaruhi Membuka dan Menutupnya Stomata - Faktor yang mempengaruhi membuka dan menutupnya stomata yaitu:

1. Faktor eksternal antara lain cahaya matahari, konsentrasi CO2, dan asam absisat (ABA).
2. Faktor internal (jam biologis).

Cahaya matahari merangsang sel penjaga menyerap ion K+ dan air, sehingga stomata membuka pada pagi hari.

Konsentrasi CO2 yang rendah di dalam daun juga menyebabkan stomata membuka. Stomata akan menutup apabila terjadi cekaman air.

Pada saat cekaman air, zat pengatur tumbuh ABA diproduksi di dalam daun yang menyebabkan membran menjadi bocor sehingga terjadi kehilangan ion K+ dari sel penjaga dan menyebabkan sel penjaga mengkerut sehingga stomata menutup.

Faktor internal yaitu jam biologis memicu serapan ion pada pagi hari sehingga stomata membuka, sedangkan pada malam hari terjadi pembebasan ion yang menyebabkan stomata menutup.

Stomata pada sebagian besar tanaman umumnya membuka pada siang hari dan menutup pada malam hari. Pada beberapa tumbuhan misalnya kelompok tumbuhan CAM stomata membuka pada malam hari sedangkan pada siang hari stomata menutup.

Menutupnya stomata pada siang hari merupakan adaptasi untuk mengurangi proses penguapan tumbuhan yang hidup di daerah kering.

Pada malam hari CO2 masuk ke dalam tanaman dan disimpan dalam bentuk senyawa C4. Selanjutnya senyawa C4 akan membebaskan CO2 pada siang hari sehingga dapat digunakan untuk fotosintesis.

Adaptasi lainnya yang terdapat pada tumbuhan xerofit untuk mengurangi proses transpirasi yaitu memiliki daun dengan stomata tersembunyi (masuk ke bagian dalam) yang ditutupi oleh trikoma (rambutrambut yang merupakan penjuluran epidermis).

Pada saat matahari terik, jumlah air yang hilang melalui proses transpirasi lebih tinggi daripada jumlah air yang diserap oleh akar. Untuk mengurangi laju transpirasi tersebut stomata akan menutup. Menutupnya stomata akan menurunkan jumlah CO2 yang masuk ke dalam daun sehingga akan mengurangi laju fotosintesis.

Pada dasarnya proses membuka dan menutupnya stomata bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara kehilangan air melalui transpirasi dengan pembentukan gula melalui fotosintesis.

Baca juga:

Demikian Faktor yang Mempengaruhi Membuka dan Menutupnya Stomata, semoga bermanfaat.
Faktor yang Mempengaruhi Membuka dan Menutupnya Stomata 4.5 5 Unknown Thursday, April 23, 2015 KTT Saraswati - Faktor yang Mempengaruhi Membuka dan Menutupnya Stomata - Faktor yang mempengaruhi membuka dan menutupnya stomata yaitu: ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar