Kapan Stomata atau Mulut Daun Membuka dan Menutup?

 on Thursday, April 23, 2015  

KTT Saraswati - Kapan Stomata atau Mulut Daun Membuka dan Menutup? - Mekanisme membuka
dan menutupnya stomata - Stomata merupakan celah yang dibatasi oleh dua sel penjaga. Sel penjaga mempunyai penebalan dinding khusus (bagian tertentu menebal sedangkan bagian lainnya tidak menebal) dan di dalam selnya terdapat kloroplas.

Pengamatan mikroskopis terhadap permukaan daun menunjukkan bahwa cahaya mempengaruhi pembukaan stomata.

Pada saat redup atau tidak ada cahaya umumnya stomata tumbuhan menutup. Ketika intensitas cahaya meningkat stomata membuka hingga mencapai nilai maksimum.

Mekanisme membuka dan menutupnya stomatata dikontrol oleh sel penjaga. Dibawah iluminasi, konsentrasi solut dalam vakuola sel penjaga meningkat.

Bagaimana konsentrasi solut tersebut meningkat?

Pertama, pati yang terdapat pada kloroplas sel penjaga diubah menjadi asam malat.
Kedua, pompa proton pada membran plasma sel penjaga diaktifkan. Pompa proton tersebut menggerakkan ion H+, beberapa diantaranya berasal dari asam malat, melintasi membran plasma. Asam malat kehilangan ion H+ membentuk ion malat. Hal ini menaikkan gradien listrik dan gradien pH lintas membran plasma.

Ion K+ mengalir ke dalam sel tersebut melalui suatu saluran sebagai respons terhadap perbedaan muatan, sedangkan ion Cl- berasosiasi dengan ion H+ mengalir ke dalam sel tersebut melalui saluran lainnya dalam merespon perbedaan konsentrasi ion H+. Akumulasi ion malat, K+, dan Clmenaikkan tekanan osmotik sehingga air tertarik ke dalam sel penjaga.

Signal yang mengaktifkan enzim pembentukan malat dan mengaktifkan pompa proton di dalam membran plasma adalah cahaya merah dan cahaya biru.

Produksi asam malat dan influksion K+ dan Cl- menarik air ke dalam sel melalui proses osmosis. Ketika vakuola sel penjaga memperoleh air, sel tersebut membengkak dan menyebabkan tekanan turgor naik.

Tekanan turgor ini akan mendesak dinding tipis pada sel penjaga sehingga mengakibatkan stomata membuka.

Proses menutupnya stomata akan terjadi pada saat sel penjaga kehilangan ion K+ yang kemudian disusul dengan hilangnya air melalui proses osmosis yang menyebabkan turgor sel penjaga menurun.

Adanya klorofil pada sel penjaga mengakibatkan sel penjaga dapat melangsungkan proses fotosintesis yang menghasilkan glukosa dan mengurangi konsentrasi CO2.

Glukosa larut dalam air sehingga air dari jaringan di sekitar sel penjaga akan masuk ke dalam sell penjaga yang mengakibatkan tekanan turgor sel penjaga naik sehingga stomata akan membuka.

Baca juga:

Demikian mekanisme membuka dan menutupnya stomata, semoga bermanfaat.
Kapan Stomata atau Mulut Daun Membuka dan Menutup? 4.5 5 Unknown Thursday, April 23, 2015 KTT Saraswati - Kapan Stomata atau Mulut Daun Membuka dan Menutup? - Mekanisme membuka dan menutupnya stomata - Stomata merupakan celah ya...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar