Reaksi Tanah Mempengaruhi Ketersediaan Hara

 on Saturday, April 25, 2015  

KTT Saraswati - Reaksi Tanah Mempengaruhi Ketersediaan Hara - Reaksi tanah - Raksi tanah digolongkan menjadi dua yaitu reaksi netral, alkalin, dan masam.

Reaksi tanah mempengaruhi ketersediaan hara dan adanya unsur-unsur yang beracun.

Reaksi tanah yang banyak mengandung ion H+ dari pada OH lebih bersifat masam, kebalikannya dapat terjadi yaitu jumlah ion OH lebih banyak dan disebut reaksi alkalin. Jika konsentrasi ion H dan ion OH sama maka reaksi tanahnya netral.

Suatu tanah dikatak masam jika pH kurang dari 7, netral bila pH sama dengan 7, dan alkalin (basa) jika pH lebih dari 7.

Dalam budidaya tanaman pengetahuan mengenai adanya unsur yang beracun lebih penting dibandingkan dengan ketersediaan hara itu sendiri, karena umumnya tanaman lebih beradaptasi dengan kondisi keterbatasan hara dari pada efek beracun dari hara tersebut.

Tanah masam dicirikan oleh tingginya konsentrasi ion H+. Keberadaan ion hidrogen dalam larutan tanah akan mempengaruhi serapan hara dan pengaruh tidak langsungnya terhadap ketersediaan hara.

Beberapa unsur hara berkurang bila pH dinaikkan misalnya besi, mangan dan seng, sedangkan molibdenun berkurang ketersediaannya jika pH diturunkan.
 
Demikian Reaksi Tanah Mempengaruhi Ketersediaan Hara, semoga bermanfaat.
Reaksi Tanah Mempengaruhi Ketersediaan Hara 4.5 5 Rinoto Rin Saturday, April 25, 2015 KTT Saraswati - Reaksi Tanah Mempengaruhi Ketersediaan Hara - Reaksi tanah - Raksi tanah digolongkan menjadi dua yaitu reaksi netral, alka...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar