Fungsi Penting Air Bagi Tanaman

 on Sunday, April 19, 2015  

KTT Saraswati - Fungsi Penting Air Bagi Tanaman - Air merupakan 85–95% berat tumbuhan herba yang hidup di air. Kandungan air dalam tanaman bervariasi antara 70 dan 90%, tergantung umur, spesies, jaringan tertentu, dan lingkungan. Air sangat bermanfaat bagi kehidupan tanaman, oleh karenanya kelangsungan hidup tanaman di muka bumi ini sangat tergantung pada air, dengan kata lain tiada air tiada kehidupan.

Air dibutuhkan untuk bermacam-macam fungsi tanaman seperti:
  1. Pelarut dan medium reaksi kimia
  2. Medium untuk transpor, zat terlarut organik dan anorganik
  3. Medium memberikan turgor pada sel tanaman. Turgor menggalakkan pembesaran sel, struktur tanaman, dan penempatan daun
  4. Hidrasi dan netralisasi muatan pada molekul-molekul koloid . Untuk enzim, air hidrasi membantu memelihara struktur dan memudahkan fungsi katalis.
  5. Bahan baku fotosintesis, proses hidrolisa dan reaksi-reaksi kimia lainnya
  6. Transpirasi untuk mendinginkan permukaan tanaman.
Fungsi Penting Air Bagi Tanaman

Sistem yang menggambarkan tingkah laku air dan pergerakannya dalam tanah dan tubuh tanaman didasarkan atas hubungan energi potensial. Air mempunyai kapasitas untuk melakukan kerja, yaitu akan bergerak dari daerah dengan energi potensial tinggi ke daerah dengan energi potensial rendah.

Air dalam tanah dan tubuh tanaman biasanya secara kimia tidak murni, disebabkan oleh adanya bahan terlarut dan cara fisik yang dibatasi oleh berberapa gaya, seperti gaya tarik menarik yang berlawanan, gravitasi, dan tekanan. Oleh karenanya energi potensialnya lebih kecil dari air murni.

Dalam tubuh tanaman energi potensial air ini disebut potensi air. Tanaman yang kekurangan air akan menjadi layu, dan apabila tidak diberikan air secepatnya akan terjadi layu permanen yang dapat menyebabkan kematian.

Air di alam ini mengalami peredaran, yang disebut dengan daur air. Daur air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu.

Air yang ada di permukaan bumi mengalami penguapan, yaitu berubah menjadi uap air.

Uap air naik dan berkumpul membentuk awan. Selanjutnya awan sampai ke tempat bersuhu dingin. Semakin jauh dari permukaan bumi udara makin dingin. Saat bersentuhan dengan udara dingin, awan mengalami kondensasi membentuk butiran air. Butiran air ini jatuh kembali ke permukaan bumi sebagai air hujan.
Fungsi Penting Air Bagi Tanaman 4.5 5 Unknown Sunday, April 19, 2015 KTT Saraswati - Fungsi Penting Air Bagi Tanaman - Air merupakan 85–95% berat tumbuhan herba yang hidup di air. Kandungan air dalam tanaman...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar