Daun Asam Jawa Bermanfaat Menurunkan Kolesterol

 on Sunday, December 15, 2013  

Daun Asam Jawa Bermanfaat Menurunkan Kolesterol - Selain buahnya, ternyata daun asam jawa juga memiliki banyak manfaat. Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek.

Hampir semua bagian pohon asam jawa dapat dimanfaatkan, misalnya batangnya bisa dibuat arang. Daun asam jawa juga dapat digunakan sebagai penurun kolesterol. Untuk membuat ramuan penurun kolesterol dari asam jawa, caranya haluskan 150-200 daun asam jawa, kemudian dicampur dengan 1 gelas air panas (200ml), kemudian diremas, diperas, dan disaring, dan kemudian diminum. Aturan pakainya 3 kali sehari, berarti setiap kali minum harus membuat ramuan seperti di atas. Catatan, ramuan tadi untuk satu kali minum saja.

Untuk menurunkan demam/panas, siapkan 2 polong asam jawa yang telah masak dan garam dapur secukupnya, kemudian seduhlah dengan air panas, kemudian disaring dan diminum. Awas, resep ini tidak boleh untuk ibu yang sedang hamil.

Mengobati reumatik dengan daun asam jawa. Resepnya adalah 1 genggam daun asam jawa dan 3 biji buah asam jawa, kemudian haluskan kedua bahan tersebut. Cara pengobatannya adalah dengan membalutkan ramuan tersebut pada bagian yang terasa sakit.

Ketika masih kecil dulu, ketika terluka, ibu selalu mencarikan daun asam jawa, kemudian dikunyah, lalu ditempelkan pada bagian yang luka. Kunyahan daun asam jawa tersebut dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka.

Untuk mengobati luka yang telah lama, gunakan biji asam jawa yang telah dihaluskan, kemudian tempelkan pada bagian luka, kemudian dibalut dengan kain bersih atau perban.

Terakhir, untuk mengobati sariawan, dibutuhkan 2 polong buah asam jawa, 2 ibu jari temulawak, dan gula kelapa atau gula jawa. Semua bahan tersebut, kemudian direbus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, kemudian disaring, dan terakhir, diminum.

Demikian Daun Asam Jawa Bermanfaat Menurunkan Kolesterol, semoga bermanfaat.

Daun Asam Jawa Bermanfaat Menurunkan Kolesterol 4.5 5 Unknown Sunday, December 15, 2013 Daun Asam Jawa Bermanfaat Menurunkan Kolesterol - Selain buahnya, ternyata daun asam jawa juga memiliki banyak manfaat. Asam jawa, asam a...


3 comments:

  1. Ternyata banyak manfaatnya juga ya mas...biasanya buahnya saja yang diambil

    ReplyDelete
  2. kalau yang ini alami dan tanpa efek samping ya

    ReplyDelete
  3. wah harus di coba nih....soalny saya ndut :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar