Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat

 on Sunday, December 15, 2013  

Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat - Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan. Asam jawa yang masih segar rasanya sangat masam. Hal itu karena buah asam mengandung banyak jenis asam. Namun dibalik rasanya yang asam, ternyata asam jawa banyak mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Buah asam termasuk buah berpolong yang warna buahnya cokelat yang terbungkus oleh kulit. Biji asam jawa dalam satu polong biasanya terdiri dari 2 sampai 5 yang berbentuk pipih warnanya cokelat kehitaman. Batang pohon asam dapat tumbuh menjadi besar dan kuat dengan daun yang rimbun sehingga bisa dijadikan tanaman peneduh. Daun asam jawa bertangkai panjang dan helain daunya kecil-kecil, bunganya berwarna kuning kemerahan.

Buah asam jawa mengandung berbagai jenis zat asam, seperti asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, dan asam suknisat. Semua zat asam tersebut menyebabkan rasa buah asam menjadi sangat masam. Selain mengandung berbagai jenis zat asam, buah asam jawa juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C.

Buah asam jawa biasanya digunakan oleh ibu-ibu sebagai bumbu masak. Buah asam jawa juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat permen dan sari buah.

Selain sebagai bumbu masak, buah asam jawa juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti asma, demam, sariawan, sakit perut, luka yang telah lama tidak sembuh-sembuh, dan dapat pula mengatasi kerontokan rambut.

Cara membuat ramuan asam jawa untuk obat sakit perut, yaitu sediakan 3 polong asam jawa yang sudah masak, kapur sirih, dan kayu putih. Bahan tersebut kemudian dicampur dan digunakan sebagai obat gosok pada perut yang terasa sakit.

Untuk membuat ramuan obat sakit perut yang diminum, sediakan 3 polong buah asam jawa dan gula aren. Kedua bahan diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Air saringan tersebut diminum secara teratur, insya Allah sakit perut segera kabur, jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Demikian Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat, semoga bermanfaat. Manfaat asam jawa selengkapnya dapat dibaca pada:

Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat 4.5 5 Unknown Sunday, December 15, 2013 Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat - Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bu...


1 comment:

  1. saya tahunya cuma kunyit yang bisa untuk menyembuhkkan sakit perut Pak, ternyata asam jawa juga bisa ya Pak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar