Fungsi Penting Paru Paru bagi Manusia

 on Sunday, December 1, 2013  

Fungsi Penting Paru Paru bagi Manusia - Paru-paru adalah organ bagian dalam yang penting bagi manusia, tanpa paru-paru manusia tidak akan bisa hidup. Paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi dalam tubuh. Manusia memiliki sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan kanan.

Paru-paru memiliki fungsi utama sebagai alat pernapasan yang berhubungan erat dengan sistem ekskresi. Dengan bernapas, kamu mengambil O2 dari udara dan mengeluarkan CO2 dan H2O. Sisa metabolisme di jaringan berupa karbon dioksida dan air diangkut oleh darah ke paru-paru untuk dibuang dengan cara difusi di alveolus. Di alveolus banyak pembuluh kapiler yang memiliki selapis sel sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

Fungsi Penting Paru Paru bagi Manusia

Karbon dioksida merupakan sisa metabolisme dari sel-sel tubuh. Karbon dioksida diangkut oleh darah dari seluruh jaringan tubuh menuju paru-paru. Di dalam alveolus, karbon dioksida berdifusi ke udara. Udara yang banyak mengandung karbon dioksida ini kemudian dihembuskan keluar melalui fase ekspirasi.

Udara yang keluar masuk paru-paru tidak selalu bersih karena bercampur dengan debu, asap, kotoran, dan kumankuman penyakit. Akibatnya, kerja paru-paru sebagai alat ekskresi dapat mengalami gangguan.

Contoh kelainan atau gangguan pada paru-paru adalah:
  1. Tuberkulosis (TBC) yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis.
  2. Pneumonia yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae.
  3. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).
  4. SARS (Severe Acute Respiratory Sindrome).
  5. Asma (sesak nafas)
Kebiasaan hidup yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru, misalnya merokok
dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Demikian Fungsi Penting Paru Paru bagi Manusia, semoga bermanfaat.
 
Fungsi Penting Paru Paru bagi Manusia 4.5 5 Unknown Sunday, December 1, 2013 Fungsi Penting Paru Paru bagi Manusia - Paru-paru adalah organ bagian dalam yang penting bagi manusia, tanpa paru-paru manusia tidak akan...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar