Fungsi Ginjal Bagi Manusia Sangat Penting

 on Sunday, December 1, 2013  

Fungsi Ginjal Bagi Manusia Sangat Penting - Ginjal merupakan alat ekskresi utama pada manusia yang memiliki fungsi sangat penting bagi kesehatan manusia. Sebagai organ bagian dalam yang sangat vital, ginjal memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Untuk mengekskresikan zat-zat sisa metabolisme yang mengandung nitrogen, seperti urea, dan ammonia.
  2. Untuk mengeluarkan zat-zat yang jumlahnya berlebihan, seperti vitamin C yang terlalu banyak dalam tubuh.
  3. Untuk mempertahankan tekanan osmosis ekstraseluler.
  4. Mempertahankan keseimbangan asam dan basa.
  5. Ginjal mengekskresikan urin. Urin mengandung air dan sisa-sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika tidak dikeluarkan, sisa metabolisme ini bersifat racun sehingga dapat membahayakan tubuh.
Ginjal berbentuk seperti kacang dengan panjang 11 cm, lebar 6 cm, dan tebal 2,5 cm. Di dalam ginjal,
urin dibuat melalui 3 tahap, yaitu:

Fungsi Ginjal Bagi Manusia Sangat Penting
  1. Penyaringan (filtrasi),
  2. Penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna (reabsorbsi).
  3. Augmentasi (penambahan zat yang sudah tak berguna seperti ion hidrogen dan ion kalium).
Bagian ginjal yang berfungsi sebagai penyaring adalah nefron. Diperkirakan dalam satu ginjal terdapat satu juta nefron. Nefron tersusun dari glomerulus dan kapsula Bowman. Glomerulus merupakan anyaman pembuluh kapiler darah, sedangkan kapsula Bowman merupakan cawan yang mengelilingi glomelurus.

Glomerulus memiliki membran yang bersifat semipermeabel. Darah masuk ke glomerulus melalui arteri ginjal. Tidak semua zat dapat melalui membran pada glomerulus. Selsel darah dan protein tidak dapat melewati membran, tetapi molekul-molekul kecil seperti air, ion-ion, mineral, urea, glukosa, dan asam urat dapat melaluinya. Filtrat dari glomelurus ditampung dalam kapsula Bowman, kemudian mengalir melalui tubulus ginjal dan saluran pengumpul menuju rongga ginjal.

Dari ginjal, urin dikeluarkan melalui ureter untuk ditampung terlebih dahulu di kandung kemih. Bila kandung kemih penuh, kamu terangsang untuk buang air kecil. Urin dikeluarkan dari kandung kemih melalui uretra.

Komposisi urin dapat berubah-ubah, tergantung kebutuhan tubuh terhadap zat-zat tertentu, pengeluaran racun, dan makanan. Urin yang sehat berupa cairan jernih agak kuning akibat pengaruh zat warna empedu. Komposisinya terdiri dari 95% air dan 5% sisanya berupa zat terlarut seperti asam urat, urea, amonia, garam-garam mineral, zat warna empedu, dan zat-zat lain yang jumlahnya berlebihan dalam darah, seperti vitamin, hormon, dan obat-obatan.

Volume urin yang dikeluarkan dalam sehari kira-kira 900-2100 cc. Jika seseorang mengeluarkan urin secara berlebihan, dinyatakan menderita diabetes insipidus. Volume urin dapat mencapai 30 kali dari volume urin normal. Hal ini disebabkan tubuh kekurangan hormon antidiuretik, sehingga proses
reabsorbsi air pada tubula ginjal terganggu.

Pada dasarnya, ekskresi urin berkaitan dengan ekskresi keringat. Bila suhu lingkungan panas, tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh, sehingga urin yang dikeluarkan lebih sedikit. Sebaliknya ketika suhu lingkungan dingin, tubuh sedikit berkeringat sehingga urin yang
dihasilkan lebih banyak.

Demikian Fungsi Ginjal Bagi Manusia Sangat Penting, semoga bermanfaat.
 
Fungsi Ginjal Bagi Manusia Sangat Penting 4.5 5 Unknown Sunday, December 1, 2013 Fungsi Ginjal Bagi Manusia Sangat Penting - Ginjal merupakan alat ekskresi utama pada manusia yang memiliki fungsi sangat penting bagi ke...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar