Pakan Lele Murah dengan Kotoran Puyuh

 on Monday, December 23, 2013  

Pakan Lele Murah dengan Kotoran Puyuh - Pemanfaatan limbah sudah banyak dilakukan oleh masyarakat, baik dalam bidang pertanian maupun peternakan. Berikut ini pemanfaatan limbah peternakan berupa kotoran ternak burung puyuh sebagai alternatif pakan lele murah.

Kendala yang dihadapi oleh para pembudidaya lele adalah mahalnya pakan lele pabrikan. Harga pakan lele sekarang ini mencapai angka Rp 9.000,00 bahkan bisa lebih, apalagi nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah, hal ini semakin menaikkan harga pelet lele.

Beberapa penelitian telah melakukan kajian tentang kotoran ternak burung puyuh untuk dimanfaatkan sebagai pakan lele pangganti pelet. Seperti dijelaskna oleh Ketua Tim Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) UNS Ir. Suyono, bahwa harga pelet yang mahal mengakibatkan usaha budidaya ikan merugi, terutama lele.

Upaya mengolah kotoran ternak burung puyuh menjadi alternatif pakan ikan lele dilakukan untuk mengurangi biaya produksi. Kotoran ternak burung puyuh dijadikan alternatif, karena kandungan protein kotoran ternak burung puyuh sangat tinggi dibandingkan kotoran ternak ayam. Kandungan protein kotoran burung puyuh adalah 21%, sedangkan kotoran ayam petelur 11-14%.

Alternatif pakan lele ini diramu dengan bahan sebagai berikut:
  1. Kotoran burung puyuh kering 1 kg
  2. Bulu ayam dipresto 1 kg
  3. Sisa ikan asin 1 kg
Fungsi bulu ayam adalah supaya pakan lele buatan ini dapat mengambang di air. Sedangkan sisa ikan asin digunakan untuk menambah nafsu makan ikan lele.

Cara pembuatan pakan lele dengan kotoran burung puyuh ini sangat mudah, yaitu:
  1. Semua bahan dikeringkan.
  2. Setelah dikeringkan, kemudian digiling menjadi tepung
  3. Kemudian hasil gilingan ketiga bahan tersebut dicampur.
  4. Kemudian diproses menjadi pelet.
Pembuatan pelet bisa dilakukan dengan mesin pelet yang tersedia di toko alsintan yang mungkin baru ada di kota-kota besar.

Jika belum memiliki mesin, maka ramuan pakan lele tadi bisa diberikan dengan cara menempatkan pakan tersebut pada suatu tempat kemudian di masukkan ke dalam air dalam keadaan mengambang setengah tenggelam.

Demikian, Pakan Lele Murah dengan Kotoran Puyuh semoga bermanfaat.

Pakan Lele Murah dengan Kotoran Puyuh 4.5 5 Unknown Monday, December 23, 2013 Pakan Lele Murah dengan Kotoran Puyuh - Pemanfaatan limbah sudah banyak dilakukan oleh masyarakat, baik dalam bidang pertanian maupun pet...


3 comments:

  1. Jadi itu juga bisa di manfaatkan juga ya mas..buat makanan ikan..

    ReplyDelete
  2. di tempat saya kotoran puyuh banyak Pak setiap harinya. karena baunya yang menyengat jadi risih sendiri sama tetangga. jadi ya dibuang deh akhirnya. mungkin harus punya tempat terbuka dan jauh dari pemukiman untuk mengeringkannya ya Pak

    ReplyDelete
  3. kalau untuk pakan gurami gmn ? soalny sy punyanya gurami....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar