Penyebab Gagal Ginjal dan Akibatnya

 on Sunday, December 1, 2013  

Penyebab Gagal Ginjal dan Akibatnya - Ginjal juga dapat mengalami kerusakan, oleh karena itu kita harus menjaganya agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sehingga kesehatan dapat terjaga. Ginjal dapat mengalami kerusakan bila menerima beban kerja yang terlalu berat dalam jangka waktu lama. Jika ginjal seseorang sudah tidak dapat berfungsi lagi, orang tersebut dikatakan mengalami gagal ginjal.

Akibat gagal ginjal adalah sisa-sisa metabolisme yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh
terus beredar di dalam darah dan hal itu berakibat buruk bagi kesehatan manusia dan dapat mengakibatkan kematian.

Penyebab Gagal Ginjal dan Akibatnya

Gagal ginjal dapat disebabkan oleh penyakit dan juga dapat karena bawaan sejak lahir. Gejala rusaknya ginjal adalah:
  1. Lesu.
  2. Sering buang air kecil (terutama malam hari).
  3. Perut tidak nyaman
  4. Pusing.
  5. Hipertensi.
Untuk mengatasi gagal ginjal perlu melakukan pencucian darah (dialisis) secara periodik, misalnya setiap 3 hari sekali, tergantung tingkat kerusakan ginjal.

Cara menjaga ginjal agar tetap sehat adalah dengan cara:
  1. Banyak minum air putih setiap hari.
  2. Mengurangi konsumsi garam
  3. Mengurangi makanan yang mengandung zat pewarna
  4. Jangan minum obat-obatan yang tidak benar-benar diperlukan
Infeksi kuman penyakit juga dapat merusak ginjal. Misalnya infeksi bakteri Streptococcus sp. pada nefron menyebabkan nefritis. Bakteri ini masuk melalui saluran pernapasan kemudian dibawa oleh darah ke ginjal. Akibat infeksi ini, protein dan selsel darah akan keluar bersama urin. Selain itu penyerapan air dalam ginjal juga terganggu. Akibatnya, air akan tertimbun di kaki (kaki penderita bengkak).

Ginjal dan saluran urin juga dapat mengalami gangguan karena kencing batu. Kencing batu disebabkan karena sumbatan berupa endapan kalsium pada saluran kemih. Endapan ini membentuk batu yang ukuran bermacam-macam dan permukaannya sering meruncing. Sebagian besar batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat.

Penyebab kencing batu antara lain karena:
  1. Terlalu sedikit minum.
  2. Urin terlalu asam atau basa.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi kalsium dan fosfat.
Kencing batu awalnya tidak menimbulkan gejala apapun. Jika batu telah menyumbat akan timbul rasa sakit hebat dari pinggang sampai selangkangan.

Usaha untuk mencegah dan menghindari kencing batu antara lain:
  1. Banyak minum
  2. Mengurangi makanan pedas.
Urin yang normal tidak mengandung zat-zat yang masih diperlukan tubuh seperti darah, gula (glukosa), dan protein. Jika urin mengandung zat-zat tersebut, berarti telah terjadi kerusakan atau gangguan pada ginjal.

Hematuria adalah urin yang mengandung darah, disebabkan oleh adanya kerusakan pada glomerulus, sehingga filtrasi tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Albuminuria adalah urin yang mengandung protein albumin, disebabkan kegagalan proses penyaringan protein oleh glomerulus. Urin yang mengandung glukosa menunjukkan telah terjadi gangguan atau kerusakan pada proses reabsorbsi dalam tubulus ginjal.

Adanya gula di dalam urin dapat juga disebabkan karena kadar gula dalam darah sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena proses pengubahan gula menjadi glikogen terhambat, biasanya diakibatkan kekurangan hormon insulin. Orang yang mengalami gangguan ini dikatakan menderita penyakit kencing manis (diabetes melitus).

Demikian Penyebab Gagal Ginjal dan Akibatnya, semoga bermanfaat.
 
Penyebab Gagal Ginjal dan Akibatnya 4.5 5 Unknown Sunday, December 1, 2013 Penyebab Gagal Ginjal dan Akibatnya - Ginjal juga dapat mengalami kerusakan, oleh karena itu kita harus menjaganya agar tetap sehat dan b...


2 comments:

  1. sangat membantu sekali informasinya mas
    makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Jenx Indah, Kita harus selalu menjaga ginjal kita agar tetap sehat
      salah satunya adalah dengan minum 8 gelas air putih setiap hari

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar