Ada Gula Ada Semut

 on Monday, April 8, 2013  

Ada Gula Ada Semut - Saraswati Update - Ada gula ada semut, peribahasa ini masih berlaku hingga sekarang. Hubungannya dengan ternak semut rangrang adalah, bahwa gula adalah termasuk makanan yang penting untuk kelangsungan hidup dan produksi semut rangrang penghasil kroto. Gula juga merupakan unsur penting dalam kehidupan semut rangrang. Layaknya manusia yang membutuhkan air, semut rangrang juga membutuhkan air gula sebagai minuman dan penjaga stamina agar tetap prima dalam mengumpulkan makanan dan menjaga sarang dari serangan musuhnya. Berikut ini kami sajikan berbagai jenis makanan semut rangrang termasuk gula/air gula.

Layaknya manusia, semut juga membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Makanan semut sangat beragam, tergantung kondisi lingkungan sekitar habitatnya. Pada dasarnya tubuh semut membutuhkan dua zat yang sangat penting , yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lain, semut jenis ini lebih menyukai makanan yang mengandung protein yang tinggi dari alam, hampir 70% makanannya mengandung protein. Semut mendapatkan sumber protein dari alam yang sangat melimpah berupa serangga, ulat, dan hama tanaman buah lainnya.

Ada Gula Ada Semut

Dalam hal budidaya semut rangrang, makanan yang seperti di habitat aslinya dapat digantikan dengan daging, ikan, ayam, tikus, ulat, capung, dan serangga lainnya. Semut rangrang penghasil kroto aktif mencari makanan sepanjang hari dan membawanya ke dalam sarang untuk seluruh anggota koloni semut tersebut. Mereka memangsa berbagai jenis hama, misalnya ngengat yang aktif pada malam hari maupun yang bersembunyi di bawah daun pada siang hari.

Tidak hanya protein yang dibutuhkan oleh semut rangrang ini, si penghasil kroto ini juga memerlukan makanan tambahan berupa gula sebanyak 30% dari sari makanan yang didapat dari bunga dalam bentuk nektar. Untuk mendapatkan gula, semut rangrang lebih suka mencari cadangan gula seperti embun madu (yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan tanaman) atau nektar. Embun madu tersebut diperlukan sebagai energi tambahan pada periode awal pembuatan sarang. Maka, ketika membangun sarang, semut rangrang mencari daun-daun muda yang dihuni oleh serangga penghasil embun madu dan memasukkannya ke dalam sarang.

Ada Gula Ada Semut

Minuman pengganti yang dapat diberikan untuk ternak semut rangrang adalah cairan gula. Sangat mudah cara pemberiannya, cukup tempatkan gula pada wadah yang tipis seperti tutup galon minuman, tutup toples dan lainnya, kemudian tuangkan sedikit air untuk membasahi gula tersebut dan biarkan hingga larut sendiri atau bisa juga diaduk pelan supaya rata. Mengapa menggunakan wadah yang tipis, hal ini bertujuan untuk memudahkan semut dalam menjangkaunya. Air minum ini harus selalu ada sepanjang hari dan harus segera diisi kembali ketika telah habis.

Ada Gula Ada Semut

Mudah bukan? Kalau kita tahu teorinya, apapun yang dianggap sulit akan menjadi mudah, yang penting adalah tindakan. Maksudnya, jika anda memiliki keinginan untuk mencoba budidaya semut emas ini, saran saya, jangan terlalu dipikir panjang lebar, langsung libas saja, mulai dari sekarang. Cari bibit di alam, kalau sulit, beli bibit dari para penangkar. Tidak tahu alamatnya, silahkan isi komentar di bawah ini, Insya Allah saya bersedia membantu. Sekedar sharing, saya juga belum lama beternak kroto, awalnya juga mendapatkan bibit dari membeli.

Demikian, semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf jika ada kekuarangan. Untuk komentar, silahkan isi di kotak berikut ini.

Ada Gula Ada Semut 4.5 5 Unknown Monday, April 8, 2013 Ada Gula Ada Semut - Saraswati Update - Ada gula ada semut, peribahasa ini masih berlaku hingga sekarang. Hubungannya dengan ternak semut...


2 comments:

  1. Nyuwun tulung alamat bpk prabowo yg dGodean,.menarik sekali untuk dicoba. Nuwun,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak Andono Subi

      Memang budidaya kroto itu sangat menarik Pak, dan perlu dicoba
      Namun saran saya bapak jangan mencoba.

      Melainkan langsung saja ditekuni
      karena budidaya kroto saat ini masih manjadi alternatif peluang usaha yang bisa menghasilkan banyak uang bagi mereka yang ulet.

      Mengenai pertanyaan Bapak tentang alamat Bapak Prabowo, berikut ini jawaban yang dapat saya berikan

      SILAHKAN KONTAK KE 0274 6848602 atau 082136712513 DAPAT JUGA VIA E MAIL chasiapro@gmail.com // chasia234@yahoo.co.id

      Nama: INDUK KROTO
      Harga: 100000
      Satuan: Liter
      Kota: KABUPATEN SLEMAN
      Propinsi: DI YOGYAKARTA
      Catatan: Indukan Kroto dalam toples harga super murah hub 082136712513 Prabowo Stock Banyak

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar