Prospek Cerah Budidaya Gurami

 on Friday, April 26, 2013  

Prospek Cerah Budidaya Gurami - Saraswati Update - Gurami yang memiliki nama latin osphronemus gouramy adalah merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan akhir-akhir ini karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Ikan gurami merupakan produk andalan bagi para petani ikan, karena mudahnya perawatan dan harganya yang cukup tinggi. Hanya saja ada satu kendala yang masih merupakan hambatan bagi mereka, yaitu bahwa pertumbuhan ikan gurami sangat lambat, sehingga kurang cepat masa panennya.

Untuk mengatasi hal itu, dituntut kreatifitas para petani ikan untuk mencari solusi pakan gurami yang dapat mempercepat pertumbuhaannya. Cara yang bisa ditempuh, salah satunya adalah dilakukan dengan memperbaiki kualitas pakan ikan tersebut. Untuk membuat pakan gurami yang berkualitas dengan biaya produksi yang rendah, kita dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang seluk beluk ikan gurami.

Prospek Cerah Budidaya Gurami

Gurami adalah ikan pemakan daun-daunan dan tumbuhan di alam, sehingga para petani ikan selama ini hanya mengandalkan daun-daunan sebagai pakan gurami, sehingga pertumbuhan ikan gurami sangat lambat. Untuk mengatasi lambatnya pertumbuhan gurami, bisa dilakukan dengan pemberian pakan tambahan berupa protein hewani. Gurami yang diberi pakan campuran tersebut, pertumbuhannya akan relatif lebih cepat.

Faktor penting untuk memperbaiki pertumbuhan ikan gurami adalah dengan menyediakan pakan yang memadai dengan jumlah yang cukup, terus-menerus, dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Pakan tambahan yang dibeli dari pabrik berupa pelet harganya sangat mahal, sehingga para petani lebih memilih pemberian pakan secara alami dengan daun-daunan.

Dengan alasan tersebut di atas, mari kita bersama-sama mencari solusinya untuk mencari pakan alternatif gurami yang murah namun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Prospek Cerah Budidaya Gurami 4.5 5 Unknown Friday, April 26, 2013 Prospek Cerah Budidaya Gurami - Saraswati Update - Gurami yang memiliki nama latin o sphronemus gouramy adalah merupakan ikan air tawar y...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar