Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

 on Wednesday, April 24, 2013  

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan - Saraswati Update - Kemangi adalah tumbuhan dengan daun kecil-kecil yang merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang sangat banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau dan berbau harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit. Dalam bahasa Latin, kemangi disebut Ocimum basilicum. Basil dari bahasa Inggris, ocimum berarti tumbuhan beraroma.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanaman ini dengan mudah bisa kita jumpai di sekitar kita. Pada umumnya tanaman ini digunakan sebagai lalapan. Daun tanaman ini banyak dijual di pasar sebagai pendamping makan nasi dengan lauk ikan atau ayam goreng maupun bakar yang dilengkapi dengan sambel tomat yang lezat. Rasanya ada yang kurang ketika kita menyantap hidangan tersebut tanpa daun yang satu ini.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Selain untuk lalapan yang menambah selera makan bagi yang suka, kemangi memiliki manfaat yang sangat banyak baik untuk kesehatan maupun untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat daun kemangi adalah untuk obat kembung dan masuk angin. Caranya dengan mengoleskan rebusan kemangi bersama bawang merah dan minyak kelapa pada bagian perut, dada dan punggung. Kehangatan yang ditimbulakan dari ramuan tersebut dapat mengusir perut kembung dan masuk angin tanpa efek samping, karena ini merupakan ramuan herbal.

Berdasarkan penelitian laboratorium, tumbuhan kemangi mengandung 1,8 sineol, anethol, apigenin, dan boron dan daunnya mengandung arginine dan asam aspartat. Hampir seluruh bagian tanaman kemangi dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan utamanya adalah untuk keperluan pengobatan. Beberpa manfaat kemangi di antaranya adalah memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretik, merangsang saraf dan analeptik.

Menurut John Henry M dalam bukunya yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical”, daun kemangi berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri payudara dan batu ginjal. Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, gangguan menstruasi, sakit telinga dan sakit kepala (migraine), infeksi usus dan gangguan saraf. Tidak hanya itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk. Bagi pria, senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prepatur dan zat ariginnya dapat mempertinggi daya tahan sperma serta mencegah kemandulan.



Untuk menghilangkan bau badan akibat keringat kita dapat memanfaatkan akar, daun, dan biji kemangi. Ketiga bagian tanaman kemangi tersebut kemudian dihaluskan. Setelah halus, kemudian diseduh dengan air panas satu gelas. Setelah tercampur rata, kemudian airnya diambil dengan menyaringnya. Untuk menetralisir aroma dan rasanya yang mungkin anda kurang suka dapat ditambahkan gula aren atau gula jawa. Cara penggunaan ramuan tersebut adalah dengan meminumnya dua kali sehari.

Sedangkan bagi wanita, senyawa anetol, boron, eugenol dam stigmasterolnya mampu merangsang hormone estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan serta merangsang pematangan sel telur. Minyak racikan kemangi berfungsi melawan bakteri Staphylococcus aureus, salmonella enteritidis, dan Escherichia coli, menangkal infeksi akibat virus Basilius subtilis, Salmonella paratyph dan Proteus vulgaris. Tidak hanya itu saja, zat flavonoid dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh dan berperan sebagai antibiotic alami.

Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Demikian semoga bermanfaat.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan 4.5 5 Unknown Wednesday, April 24, 2013 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan - Saraswati Update - Kemangi adalah tumbuhan dengan daun kecil-kecil yang merupakan tumbuhan tahunan y...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar