Pakan Ternak Murah

 on Thursday, April 18, 2013  

Pakan Ternak Murah - Saraswati Update - Tambaharjo, Adimulyo, Kebumen, Jawa Tengah - Solusi Pakan Ternak Murah dalam usaha budidaya/peternakan dan perikanan. Pakan ternak adalah suatu hal yang paling penting dalam usaha peternakan. Pakan ternak sangat berpengaruh pada besar kecilnya pendapatan atau keuntungan dalam beternak. Mengingat pentingnya pakan ternak, banyak perusahaan peternakan yang melakukan uji coba untuk menemukan pakan alternatif yang mudah, murah, dan bergizi. Akan tetapi di kalangan peternak tradisional biasanya hanya mengandalkan alam untuk kebutuhan pakan ternaknya atau bahkan mereka hanya mengandalkan pakan dari membeli pakan pabrikan.

Inilah yang membedakan peternak tradisional dangan peternak modern yang telah menggunakan teknologi maju dalam beternak dan selalu berinovasi mencari terobosan pakan ternak murah. Keengganan para peternak tradisional biasanya karena mereka belum mengetahui akan adanya teknologi dan penemuan baru tentang pakan ternak murah, informasi yang mereka peroleh sangat minim, sehingga untuk menyediakan pakan ternak, mereka cenderung untuk mengandalkan dari ketersediaan alam saja. Padahal kalau kita tahu bahwa, penemuan baru dalam dunia peternakan sangatlah banyak manfaatnya.

Pakan Ternak Murah

Langsung saja kami sampaikan beberapa alternatif pakan ternak murah.

Yang pertama pakan sapi murah, seperti pada postingan terdahulu, kami telah memberikan informasi tentang pakan sapi yang mudah dan murah namun tetap memiliki nilai gizi yang tinggi, yaitu jerami atau limbah tanaman padi. Jerami sangat melimpah, apalagi di pedesaan, bahkan saking banyaknya terkadang jerami dibakar oleh pemiliknya. Bagaimana jerami bisa menjadi pakan ternak yang bernilai gizi tinggi? Jawabanya adalah dengan difermentasi terlebih dahulu.

Yang kedua pakan lele murah, seperti postingan terdahulu, telah kami sampaikan alternatif pakan dalam budidaya lele dumbo, yaitu dengan memanfaatkan kototran sapi sebagai pakan lele pengganti pur/pakan pabrikan. Caranya adalah dengan difermentasi terlebih dahulu agar kandungan gas-nya menghilang, juga untuk menumbuhkan jasat renik dan cacing sebagai sumber makanan lele yang banyak mengandung protein sehingga tidak kalah dengan pakan pabrikan.

Yang ketiga pakan semut rangrang murah, budidaya kroto sekarang ini sedang marak dilakukan oleh para peternak, tidak terkecuali kelompok kami. Ternak semut rangrang penghasil kroto sangat mudah dilakukan bagi yang mengetahuinya. Sama seperti pada ternak lainnya, kunci utama keberhasilan ternak kroto ini juga tergantung pada pakan. Pakan semut rangrang sangat banyak macamnya dan pakan ini dengan sangat mudah bisa kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita. Misalnya capung, jangkrik, tulang, dan ulat. Pakan yang kami anggap paling murah adalah ulat, yaitu ulat daun pisang. Ulat daun pisang sangat banyak dan bisa kita temukan di mana saja sepanjang ada tanaman pisang.

Yang keempat pakan kambing murah, ternak kambing biasanya dilakukan oleh masyarakat pedesaan, karena di sana banyak terdapat rumput yang tumbuh subur sebagai makanan utama kambing. Namun, bagaimana pada musim kemarau, di mana rumput dan daun-daunan mengering? Hal ini menjadi kendala bagi para peternak. Solusinya adalah dengan menggunakan teknologi modern dengan membuat pakan buatan yang bahannya mudah dan murah serta tersedia dengan melimpah di sekitar kita. Apakah itu? Jawabannya adalah gedebog pisang. Para ilmuwan/peneliti telah menemukan resepnya agar beternak kambing menjadi mudah dan tanpa menyita waktu untuk merumput, yaitu dengan fermentasi gedebog pisang. Hal ini telah banyak dilakukan oleh para peternak modern dan terbukti berhasil, dalam 3 bulan kambing mereka bertambah berat hingga mencapi 30 kg dan siap jual.

Demikian beberapa pilihan beternak yang dapat kita lakukan, semoga bermanfaat. Untuk detail tentang fermentasi gedebog pisang, tunggu postingan berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda, mohon maaf atas segala kekeliruan.

Pakan Ternak Murah 4.5 5 Unknown Thursday, April 18, 2013 Pakan Ternak Murah - Saraswati Update - Tambaharjo, Adimulyo, Kebumen, Jawa Tengah - Solusi Pakan Ternak Murah dalam usaha budidaya/petern...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar