Belut dan Cara Membersihkannya

 on Wednesday, June 5, 2013  

Belut dan Cara Membersihkannya - Belut adalah jenis ikan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi yang baik bila dikonsumsi oleh anak-anak karena dalam masa pertumbuhan otak. Bagi sebagian orang, belut adalah binatang yang menjijikan, karena kulitnya berlendir sehingga apabila akan diolah agak sedikit kesulitan dalam membersihkannya. Berikut ini akan disampaikan cara membersihkan belut dengan mudah, mungkin tips ini juga sudah banyak yang tahu, tetapi tidak ada salahnya untuk sekedar mengingatkan bagi para penggemar ikan lezat bergizi tinggi ini.

Kulit belut memiliki lendir yang sangat banyak, sehingga menyulitkan kita dalam membersihkannya untuk diolah. Lendir tersebut menyebabkan sulit untuk dipegang, sehingga sulit ketika akan dibersihkan untuk diolah. Lendir itu harus dihilangkan untuk memudahkan kita membersihkan isi perutnya ataupun proses pembuangan kepala dan ekornya. Lendir belut dapat dihilangkan dengan cara memberikan air jeruk nipis agar kulit belut menjadi kesat, sehingga mudah dipegang.


Ada cara yang lebih mudah, namun sedikit ekstrim, yaitu dengan menaburi tubuh belut dengan abu gosok, itu yang sering dilakukan oleh pedagang belut di pasar manaka pelanggannya menghendaki membeli belut sekalian dibersihkan. Jika kita perhatikan, mereka pedagang belut sangat piawai dalam membersihkannya menggunakan abu gosok. Setelah lendir teratasi, selanjutnya cuci bersih dengan air mengalir agar lebih cepat bersih.

Langkah selanjutnya, setelah tidak licin, belah isi perut memanjang searah badannya, untuk mengeluarkan sis perutnya hingga tulang punggung. Ketika membersihakan isi perut, daging belut jangan sampai terluka atau tersayat, karena rasa pahit pada isi perut belut dapat mempengaruhi rasa daging belut karena meresap ke dalam daging sehingga bisa ikut pahit.

Mencuci bersih dengan air mengalir akan membuat daging belut terbebas dari kotoran dan bakteri pada daging belut. Seperti halnya ikan-ikan lain, belut juga memiliki aroma amis atau anyir, maka penggunaan jeruk nipis dianjurkan karena di samping dapat menghilangkan lendir juga dapat menetralisir bau amis pada daging belut.

Demikian Belut dan Cara Membersihkannya, semoga bermanfaat.

Belut dan Cara Membersihkannya 4.5 5 Unknown Wednesday, June 5, 2013 Belut dan Cara Membersihkannya - Belut adalah jenis ikan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi yang baik bila dikonsumsi oleh anak-anak k...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar